26 Satuan Pendidikan Masuk Sekolah Penggerak

  • Bagikan
Makmur, M.Pd.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kurikulum merdeka belajar mulai diterapkan tahun ajaran 2022-2023. Atas dasar itulah, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus mempersiapkan sekolah yang akan menjadi pilot project. Salah satunya melalui Program Sekolah Penggerak (PSP).

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Makmur mengatakan satuan pendidikan wajib mempunyai PSP sebelum menerapkan kurikulum merdeka belajar. Di Kendari, PSP telah masuk tahap III.

"Kendari sudah memasuki PSP tahap III. Program ini merupakan upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila," jelasnya kemarin.

PSP sendiri lanjutnya, dirancang secara khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Untuk menjadi sekolah penggerak, terlebih dahulu harus mendaftar. Program ini fokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Sekolah penggerak ini tak hanya setingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kata dia, namun juga Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Adapun TK dan PAUD yang menyikuti program ini yakni TK Graha Asri, TK Hang Tuah, TK Negeri 3 Kendari, TK Negeri 7 Kendari, PAUD King Abdul Aziz dan TK Ananda Citraland.

Di tingkat SD sambungnya, ada sembilan satuan pendidikan. Diantaranya, SDN 20 Kendari, SD Islam Terpadu Al-Qalam dan lainnya (lengkap lihat grafis). Sementara SMP ada 10 sekolah. Saat ini, 26 sekolah ini telah masuk tahap III.

"Jika dinyatakan lulus, akan langsung diberikan bantuan oleh kementerian, baik berupa finansial dan peningkatan kualitas guru. Yang tentunya itu akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kemajuan pendidikan. Semakin banyak sekolah yang berkualitas, tingkat pendidikan semakin tinggi serta terwujudnya kurikulum merdeka belajar," ujarnya.

Untuk proses seleksi, ada beberapa tahapan yang harus diikuti oleh para kepala sekolah. Pertama ada seleksi tahap satu yaitu pendaftaran yang meliputi registrasi, pengisian biodata, pengisian esai, dan unggahan dokumen, yang akan diumumkan pada tanggal 4 April lalu.

"Kemudian seleksi tahap dua yaitu simulasi mengajar dan wawancara yang dijadwalkan mulai dari tanggal 9 April sampai 11 Juni. 20 Juni sampai 4 Juli verifikasi dan validasi data serta penilaian seleksi tahap dua. Tanggal 7 Juli sampai 14 Juli pleno kelulusan," jelasnya. (b/m1)

Program Sekolah Penggerak
Setingkat TK-PAUD
TK Graha Asri
TK Hang Tuah
TKN 3 Kendari
TKN 7 Kendari
PAUD King Abdul Aziz
TK Ananda Citraland.

Setingkat SD
SDN 20 Kendari
SDN 21 Kendari
SD Islam Terpadu Al-Qalam
SDN 38 Kendari
SDN 79 Kendari
SDN 19 Kendari
SDN 64 Kendari
SDN 5 Kendari
SDN 66 Kendari

Setingkat SMP
SMPN 21 Kendari
SMPN 23 Kendari
SMPN 19 Kendari
SMPN 19 Kendari
SMPN 20 Kendari
SMPS Oikumene Kendari
SMP Islam Terpadu Al-Qalam Kendari
SMPN 5 Kendari
SMPN 1 Kendari
SMPN 8 Kendari

Tahapan PSP
Pendaftaran 4 April
Simulasi Mengajar dan Wawancara 9 April-11 Juni
Verifikasi dan Validasi 20 Juni-4 Juli
Pleno Pengambilan Keputusan 7-14 Juli

  • Bagikan