Tempa Karakter Calon Abdi Negara

  • Bagikan
Peserta Latsar di kantor BPSDM Sultra. Nantinya, mereka akan ditempa selama 51 hari.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebelum mendapat SK 100 persen, Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bakal ditempa karakternya melalui pelatihan dasar (Latsar). Hal ini juga berlaku bagi 1.476 CASN di seluruh Pemda se-Sulawesi Tenggara (Sultra) yang belum lama dinyatakan lulus sebagai abdi negara.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sultra Yuni Nurmalawati mengatakan pelatihan berlangsung sejak 23 Mei hingga 15 Juli mendatang. Latsar itu merupakan media pembinaan untuk membentuk ASN yang berakhlak, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif sebagaimana tupoksinya sebagai pelayan publik.

"Kita butuh ASN yang memiliki kemampuan yang memadai. Sebab ditangan mereka akan diputuskan kebijakan strategis mulai dari perumusan, implementasi serta pelaksanaan program dan kegiatan dalam berbagai sektor," jelas mantan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Buton Utara (Butur) ini kemarin.

Kurikulum latsar lanjut mantan Kepala Biro Perekonomian dan SDA Setprov Sultra ini, terdiri dari tiga tahapan. Yang pertama non klasikal dilaksanakan selama 18 hari. Kedua, off kampus selama 30 hari kerja. Ketiga, tahap evaluasi selama 3 hari. Secara keseluruhan, ada 51 hari kerja.

Selain itu, ada empat agenda pembelajaran. Mulai agenda sikap dan perilaku bela negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI dan agenda habituasi. Untuk peserta Latsar gelombang pertama ini, 56 CASN (31 golongan III dan 25 golongan II) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan 80 CASN dari Pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut)

"Saat ini, yang sementara berjalan yakni gelombang II ASN golongan III sebanyak 160 orang. Rinciannya, 85 CASN dari Pemkab Kolaka Timur (Koltim), 23 CASN utusan Pemkab Muna dan 52 CASN dari Pemkab Kolaka Utara (Kolut). (b/m1)

Latsar CASN

  1. Kurikulan
    -Non Klasikal 18 Hari
    -Off Kampus 30 Hari Kerja.
    -Evaluasi 3 Hari
  2. Agenda Pembelajaran
    -Sikap dan Perilaku Bela Negara
    -Nilai-nilai Dasar ASN
    -Kedudukan dan Peran ASN di NKRI
    -Habituasi
  3. Dibagi Beberapa Gelombang
    -Gelombang I 56 CASN dan 80 CASN Konut
    -Gelombang II 85 CASN Koltim, 25 CASN Muna, 52 CASN Kolut
  • Bagikan