Sulkarnain Ajak Warga Sukseskan Sensus Penduduk

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) bersama Kepala BPS Kendari, Martini (kanan) sempatkan foto bersama usai berdiskusi mengenai SP 2020 lanjutan di Rujab Wali Kota Kendari, kemarin.


-BPS Kerahkan 120 Petugas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sensus Penduduk (SP) 2020 lanjutan telah dimulai sejak 15 Mei. Sesuai jadwal, pengumpulan data ini akan berlangsung hingga 30 Juni mendatang. Untuk menyukseskan SP lanjutan ini, Wali Kota Sulkarnain Kadir meminta warga berpartisipasi membantu memberikan informasi kepada petugas pendata di lapangan.

Sulkarnain mengatakan proses pengumpulan data kependudukan oleh BPS sangat penting bagi pemerintah. Pasalnya, hasil pendataan ini bakal dijadikan sebagai acuan atau rujukan dalam pengambilan setiap kebijakan pemerintah.

"Tentu jawaban yang kita berikan sangat bermanfaat untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan kita. Jadi saya minta seluruh elemen masyatakat untuk menyukseskan program ini," kata Sulkarnain Kadir saat menerima kunjungan perwakilan BPS Kendari di Rujab Wali Kota Kendari, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPS Kendari Martini mengaku SP 2020 lanjutan sebenarnya dilaksankan pada tahun (2021). Hanya saja, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19 programnya ditunda dan baru berlanjut tahun ini.

SP 2020 lanjutan kata dia, sangat penting dilaksanakan karena data yang dikumpulkan sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang akan datang. "Data yang dikumpulkan akan menjadi acuan hinggq 10 tahun kedepan," ungkapnya.

Dalam menyukseskan SP 2020 lanjutan, pihaknya menurunkan sekira 120 petugas yang terdiri dari 10 Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka), 20 Koordinator Tim (Kortim), 90 Petugas Pencacah Lapangan (PPL). "Kami harap kunjungan teman-teman pendata bisa diterima dengan baik oleh masyarakat," pungkasnya.

Sekedar informasi, SP 2020 lanjutan dilaksanakan dalam rangka menghimpun data masyarakat untuk keperluan pemerintah dalam proses pengambilan kebijakan dan evaluasi kinerja. Adapun data yang dihimpun petugas sensus di lapangan diantaranya meliputi data demografi kependudukan seperti mortalitas tingkat kelahiran, mortalitas tingkat kematian dan kondisi imigrasi di Kota Kendari. (b/ags)

Sensus SP 2020 Lanjutan
Himpun Data Demografi
Moralitas Tingkat Kelahiran
Tingkat Kematian
Kondisi Imigrasi

Berlangsung 15 Mei-30 Juni
BPS Kendari Kerahkan 120 Petugas
-10 Konseka
-20 Kortim
-90 PPPL

  • Bagikan