Bupati Konawe Dukung SP 2020 Lanjutan

  • Bagikan
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (kopiah hitam) didampingi Kepala BPS Konawe Sultriawati Efendy (berjilbab), saat menyimak penjelasan petugas BPS Konawe.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menginstruksikan jajarannya terutama pemerintah desa dan kelurahan agar memfasilitasi petugas BPS Konawe. Untuk mendukung kelancaran proses pendataan, aparatnya harus membantu menyebarluaskan informasi terkait SP 2020 lanjutan tersebut kepada warganya.

Tidak hanya itu, Bupati Konawe dua periode itu meminta jajarannya di tingkat kewilayahan juga ikut membantu segala proses pendataan yang dilakukan petugas sensus dari BPS Konawe. Pasalnya, data yang dihasilkan akan menjadi rujukan tidak hanya bagi pemerintah pusat namun juga daerah.

"Karena data-data ini memang sangat penting. Kami selama ini selalu menjadikan data BPS sebagai salah satu rujukan untuk menentukan rancangan kebijakan daerah. Sehingga, memang sangat penting kami di pemkab Konawe untuk bersinergi dengan teman-teman BPS," ujar Kery Saiful Konggoasa.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan menuturkan sensus penduduk dimaksudkan untuk mendukung perolehan data demografi yang akurat. Yang mana, informasi akurat tersebut akan membantu pemerintah menetapkan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran.

"Ini merupakan program nasional. Kami di daerah sangat mendukung program SP 2020 lanjutan yang akan dimulai pada 15 Mei-31 Juni 2022," ujarnya.

Mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe itu mengimbau warga Konawe agar menyambut baik setiap petugas sensus yang melakukan pendataan. Ferdinand Sapan meminta responden pendataan SP 2020 lanjutan harus memberikan data yang akurat. Apalagi, data tersebut berkaitan dengan basis data kependudukan yang nantinya menjadi rujukan pemerintah dalam membuat kebijakan.

"Selain kebijakan, data ini juga menjadi acuan untuk kepentingan pemilihan umum (pemilu), serta jaminan sosial. BPS pasti menjamin kerahasiaan data responden. Kita harap SP 2020 Lanjutan ini bisa berjalan dengan baik untuk menentukan arah pembangunan kedepan," tandasnya. (b/adi/adv)

  • Bagikan