Ramaikan Expo, Disperindag Gelar Pasar Lelang Komoditi Agro

  • Bagikan
Kepala Disperindag Sultra Siti Saleha didampingi Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sultra, La Ode Muhammad Fitrah Arsyad menggelar pasar lelang komoditi agro.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dispedindag) Provinsi Sultra menggelar Pasar Lelang Komoditi Agro, kemarin. Pasar lelang dilaksanakan dalam rangka membantu petani memasarkan hasil panennya sekaligus dalam rangka menyemarakkan Expo HUT Sultra ke-58 di Baubau.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sultra, La Ode Muhammad Fitrah Arsyad mengungkapkan pasar lelang komoditi agro tahap pertama telah digelar di Kota Bau-bau kemarin. Adapun komoditi agro yang ditawarkan meliputi mete, mete olahan, kopra, beras, kemiri, rumput laut, udang, ikan asap, dan ikan nila asin. "Kita gelar (pasar lelang) perdana ditahun ini ," ujarnya, kemarin. 

Ia menjelaskan, pasar lelang komoditi agro dilaksanakan dalam rangka membantu petani dalam memasarkan hasil panennya. Pihaknya bakal bertindak sebagi fasilitator untuk menghubungkan antara petani dan buyer (pembeli). 

"Pasar lelang komoditi ini dijamin dengan kontrak antara buyer dengan petani maupun pelaku usaha sehingga barang yang mereka transaksikan benar-benar dilaksanakan dengan kontrak yang ditanda tangani dan tidak ada pihak yang dirugikan," ungkapnya. 

Dalam pasar lelang kali ini, pihaknya melibatkan Kadin dan Hipmi Sultra sebagai fasilitator yang bisa mendatangkan buyer untuk mengakomodir seluruh hasil panen petani maupun produk olahan dari pelaku usaha. 

"Mudah-mudahan kolaborasi dengan Kadin dan Hipmi kita bisa dapat buyer yang pas untuk membeli seluruh komoditi agro yang ada. Kita harap selain bisa dapat buyer lokal, juga bisa mendapatkan buyer nasional," pungkasnya. (b/ags/adv)

  • Bagikan