Progres Capai 80 Persen, Balai Kota Diresmikan Agustus

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (rompi kanan) didampingi Sekot Kendari, Hj Nahwa umar (rompi kiri) bersama jajarannya memantau pembangunan gedung Balai Kota Kendari beberapa waktu lalu.


KEDNARIPOS.CO.ID -- Pengerjaan Balai Kota Kendari terus digenjot. Hingga kini, progres proyek senilai Rp 250 miliar ini telah mencapai 80 persen. Sesuai rencana, proyek monumental ini ditargetkan bisa diresmikan bulan Agustus mendatang.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Pemanfaatan Ruang (PUPR) Kota Kendari Aswido cukup optimis pembangunan Balai Kota Kendari bisa dituntaskan sesuai target. Apalagi beberapa item proses pengerjaannya sudah masuk tahapan finishing.

"Mudah-mudahan saja Agustus bisa rampung pengerjaanya. Dengan begitu, kita bisa cepat merasa manfaatnya bersama, karena progres pembangunannya itu sudah mencapai 80 persen lebih," ujar Aswido kepada Kendari Pos, Senin (23/5).

Awalnya, gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) akan diresmikan lebih dulu atau Mei ini. Namun karena ada beberapa kendala, pengerjaannya tertunda sementara waktu. Apalagi bertepatan dengan cuti bersama lebaran Idul Fitri sehingga pekerjanya ikut libur. "Pengerjaan MPP sempat tertunda beberapa waktu lalu, kini pengerjaanya diteruskan kembali," ujarnya.

Selain itu kata Aswido, penundaan ini berkaitan dengan adanya 10 layanan tambahan. Beberapa instansi vertikal telah menyatakan keinginan bergabung di MPP. Diantaranya, Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Pengadilan Negeri (PN).

"Rencana awal hanya 24 layanan saja, namun kini ada beberapa layanan yang ingin ikut bergabung. Olehnya itu kami kembali melakukan penyesuaian sehingga peresmiannya nanti dilakukan bersamaan. Jadi total layanan yang sekarang ini kurang lebih 34 layanan," jelasnya. (b/m1)

Mega Proyek Balai Kota
Total Anggaran Rp 250 Miliar
Masa Pengerjaan 2019-2022
Pembiayaan Multiyears
Miliki Tiga Bangunan Utama (Podium, Parkir dan Tower)
Ditargetkan Rampung Agustus Tahun
Progres Pengerjaan 80 Persen

Tahap I (2019) Gedung Utama (gedung podium) Rp 57 Miliar
Tahap II (2021) Perampungan Gedung dan Interior Rp 80 Miliar
Tahap III (2022) Pembangunan Tower Setinggi 9 Lantai Rp 133 Miliar

  • Bagikan