Lantik Ahmad Monianse dan Muh.Yusup, Ali Mazi : Kawal Program Pembangunan

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi (empat dari kiri) didampingi Wakil Gubernur Lukman Abunawas (tiga dari kiri) dan Pj.Sekda Sultra Asrun Lio (lima dari kanan) usai melantik Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (empat dari kanan) dan Pj.Bupati Buteng Muh.Yusup (dua dari kiri) di rujab gubernur, Senin (23/5), kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pengendali pemerintahan di Pemkot Baubau dan Pemkab Buton Tengah (Buteng) sudah dilantik. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (Moni) dilantik sebagai wali kota definitif. Sedangkan Muh.Yusup dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Buteng. Kedua kepala daerah itu dilantik Gubernur Sultra Ali Mazi, kemarin. Gubernur meminta agar mereka menunaikan amanah dengan penuh tanggung jawab.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengungkapkan pelantikan Wakil Wali Kota Baubau, Ahmad Monianse untuk menggantikan mendiang AS Thamrin yang tersisa satu tahun empat bulan. Berbeda halnya dengan pelantikan Pj. Bupati Buteng, Muh.Yusup yakni untuk menghindari kekosongan pemerintahan setelah masa jabatan Bupati Buteng, Samahuddin berakhir pada 22 Mei 2022.

"Sebagai kepala pemerintahan di daerah, wali kota dan Pj.Bupati harus memastikan seluruh penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat berjalan dengan baik, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Kawal program pembangunan agar sinkron dengan kebijakan pemerintah provinsi dan nasional," ujar Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Wakil Gubernur Lukman Abunawas dan Pj.Sekda Sultra Asrun Lio saat pelantikan di rujab gubernur, Senin (23/5), kemarin.

Gubernur menegaskan tugas utama kepala daerah adalah menjaga kondisi wilayah dan masyarakat senantiasa aman dan damai, serta tidak ada gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat di wilayah yang dipimpin selama memegang jabatan.

"Pastikan semua masyarakat di wilayah yang saudara pimpin merasakan pelayanan pemerintah dan menikmati hasil-hasil kebijakan dan program pembangunan di daerah," pesan Gubernur Ali Mazi kepada Ahmad Monianse dan Muh.Yusup.

Menurut Gubernur Ali Mazi, keberadaan wali kota dan Pj.Bupati Buteng bukan untuk kelompok tertentu, tetapi untuk semua masyarakat di daerahnya. Pejabat yang dilantik haurs menjalin kerja sama yang baik dengan semua stakeholder dan elemen masyarakat.

Gubernur Ali Mazi meminta Ahmad Monianse dan Muh.Yusup untuk membina aparatur birokrasi agar senantiasa bekerja secara profesional sebagai abdi negara, abdi pemerintahan, dan abdi masyarakat. Juga memastikan semua aparatur pemerintahan bekerja dalam hubungan yang harmonis dan saling mendukung untuk kelancaran tugas masing-masing. "Khusus untuk Pj. Bupati Buteng agar tidak terlibat dalam politik praktis dalam kaitannya dengan pemilihan kepala daerah yang akan datang," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menegaskan siap menjalankan amanah dari gubernur secara maksimal. "Tentunya saya harus melanjutkan program yang telah dicetuskan wali kota sebelumnya, almarhum AS Tamrin. Yang terpenting adalah menjaga kondusivitas daerah, karena sesuai pesan gubernur bahwa saya hadir untuk semua kelompok," ujarnya.

Wali kota yang karib disapa Moni itu akan mengevaluasi aparaturnya yang berkaitan dengan akselerasi pembangunan. "Akan rapat evaluasi program dan kita jalan bersama untuk kemajuan pembangunan Kota Baubau," tukas Moni. (kam/c)

Pengendali Baubau dan Buteng

Moni dan Muh.Yusup Dilantik
-Pengendali pemerintahan di Baubau dan Buton Tengah (Buteng) dilantik
-Gubernur Sultra Ali Mazi melantik dua kepala daerah
-Mereka adalah :

  1. Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (Moni)
  2. Penjabat (Pj) Bupati Buteng, Muh.Yusup
    -Gubernur meminta agar mereka menunaikan amanah dengan penuh tanggung jawab
    -Pelantikan Ahmad Monianse untuk menggantikan mendiang AS Thamrin, wali kota sebelumnya
    -Masa jabatan Moni tersisa satu tahun empat bulan
    -Berbeda dengan pelantikan Pj. Bupati Buteng
    -Muh.Yusup dilantik untuk menghindari kekosongan pemerintahan
    -Sebab, masa jabatan Bupati Buteng, Samahuddin berakhir 22 Mei 2022

Pesan Gubernur
-Memastikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat berjalan dengan baik, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel
-Kawal program pembangunan agar sinkron dengan kebijakan pemerintah provinsi dan nasional
-Menjaga kondisi wilayah dan masyarakat tetap aman dan damai
-Tidak ada gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat
-Memastikan masyarakat merasakan pelayanan pemerintah dan menikmati kebijakan dan pembangunan
-Harus menjalin kerja sama yang baik dengan semua stakeholder
-Membina aparatur birokrasi agar bekerja profesional sebagai abdi negara
-Memastikan semua aparatur pemerintahan bekerja harmonis dan saling mendukung
-Pj. Bupati Buteng agar tidak terlibat dalam politik praktis dalam Pilkada nanti

Wali Kota Baubau
-Wali Kota Baubau Ahmad Monianse siap menjalankan amanah gubernur
-Siap melanjutkan program yang telah dicetuskan wali kota sebelumnya, almarhum AS Tamrin
-Siap menjaga kondusivitas daerah sesuai pesan gubernur
-Wali Kota Baubau hadir untuk semua kelompok
-Wali kota akan mengevaluasi aparaturnya dalam akselerasi pembangunan
-Akan evaluasi program kerja untuk kemajuan pembangunan Baubau

DATA DIOLAH KENDARI POS DARI BERBAGAI SUMBER

  • Bagikan