Disperindag Semarakkan Expo HUT Sultra ke-58

  • Bagikan
Stand pameran Disperindag Sultra di Expo HUT ke-58 Sultra di Baubau.

Pamerkan Aneka Produk UMKM dan Kerajinan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) turut berpartisipasi menyukseskan Expo memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Sultra di Kota Baubau. Selama sepekan mulai 22 - 28 Mei 2022, Disperindag membuka stand yang memamerkan beragam aneka  produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan kerajinan.

Kepala Disperindag Sultra, Hj. Siti Saleha mengatakan pameran produk UMKM dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan beragam produk UMKM binaan Disperindag sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas. Beragam produk UMKM dimaksud yakni produk dari hasil olahan sagu, cokelat, perikanan, dan gula aren.

Menurutnya, aneka produk dari bahan olahan tersebut paling banyak diminiti oleh pasar dalam negeri bahkan pasar internasional.

"Produk UMKM kita dilirik di pasar Internasional. Misalnya gula aren dari Kabupaten Bombana dan Kolaka. Itu sudah ada ekportir yang meminta. Kami juga pemerkan berbagai hasil kerjainan tangan seperti anyaman dari rotan, kain tenun, dan masih banyak lagi." ungkap Sitti Saleha.

Selain memperkenalkan ragam produk UMKM di pasar yang lebih luas lanjut mantan Pj. Bupati Bombana ini, pameran produk UMKM juga bertujuan untuk menyemarakkan HUT Sultra ke 58.

"Kita akan ramaikan (Expo HUT Sultra ke-58). Mudah-mudah produk UMKM yang kami tampilkan bisa menjadi daya tarik pengunjung sekaligus menjadi ladang keuntungan bagi para pelaku UMKM yang ada di Sultra," pungkasnya.

Sekedar informasi, dalam Expo HUT Sultra tahun ini, Disperindag juga membuka layanan kemasan produk. Layanan ini diperuntukkan bagi pelaku UMKM yang selama ini kesulitan dalam membranding dan mengemas produknya. Para UMKM diberikan pembinaan dan pendampingan terkait cara packaging yang baik dan benar serta menambah nilai produknya. (b/ags/adv)

  • Bagikan