Pilkades Serentak di Konsel Sukses Dihelat

  • Bagikan
Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid (ketiga dari kiri) bersama pihak terkait saat memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak, kemarin

Kembali Bersatu Membangun Desa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Agenda pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Konawe Selatan tahun 2022, sukses dihelat. Kegiatan tersebut berlangsung pada 86 desa yang tersebar di 24 kecamatan, Minggu (22/5). Dari data yang dihimpun, ada 273 calon Kades bertarung. Terdiri dari laki-laki berjumlah 244 orang dan perempuan 29 orang. Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 48.563 warga dan total tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 131 titik.
"Kompetisi merupakan hal biasa dalam pesta demokrasi. Saya harapkan semua calon kepala desa dapat menciptakan iklim kompetisi yang sehat dan tetap menjaga tali silaturahmi. Sehingga pada saat selesai pesta demokrasi ini, kita kembali bersatu untuk membangun desa," kata Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, kemarin.

Konsel-1 itu mengimbau, siapapun yang terpilih agar menggalakkan program pembangunan desa untuk memberikan harapan terwujudnya kesejahteraan masyarakat. "Dan pada akhirnya mari sama-sama kita wujudkan Desa Maju Konsel Hebat," tegasnya. Sementara itu Wakil Bupati Konsel, Rasyid, mengatakan, hingga telah ditetapkannya pemenang Pilkades, semua pihak harus tetap menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat. Utamanya bagi pendukung dan simpatisan.
"Teman-teman calon kita harapkan dewasa menyikapi kemenangan dan kegagalan. Kalau menang, jangan berlebih-lebihan. Yang masih gagal jangan larut. Masih banyak ruang pengabdian dan mengaktualisasikan ide gagasan kita," bijak Rasyid.

Dalam tahapan Pilkades, lanjut Rasyid, pemerintah menyiapkan ruang jika terdapat gugatan bagi para calon. "Ketika polemik Pilkades terjadi, seperti sengketa pemilihan telah disiapkan ruang yang lebih elegen dengan melakukan gugatan-gugatan Pilkades," ujarnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konsel, Annas Mas’ud, mengatakan, Pilkades dimulai Pukul 08.00 hingga 14.00 Wita yang akan ditandai dengan perhitungan suara.

Pelaksanaan Pilkades itu, dipantau langsung pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui video conference yang terpusat di Desa Rambu-Rambu Jaya, Kecamatan Ranomeeto. Kegiatan tersebut diikuti Rasyid, Ketua DPRD, Irham Kalenggo, Sekretaris Kabupaten, Sjarif Sajang, Kepala DPMD, Annas Mas'ud, Kabid DPMD Provinsi Sulawesi Tenggara, Syaifullah, Kepala Kesbangpol Konsel, Muh. Hisrah dan unsur Forkominda serta jajaran TNI-Polri.

"Saat ini pelaksanaan Pilkades aman dan kondusif sesuai pantauan Panitia Kabupaten. Kami akan terus melakukan monitoring hingga selesai," ungkap Annas Mas'ud. (b/ndi)

  • Bagikan