Merasa Terancam, Dua Warga Andoolo Saling Lapor

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dua warga Desa Andoolo, Konawe Selatan (Konsel) saling lapor atas dugaan kasus penganiayaan. Mereka adalah Ruslan dan Nirman yang bertetangga di Dusun III (tiga) Desa Andoolo. Peristiwa itu terjadi di lingkungan rumah Ruslan, Jumat (20/5) sekitar pukul 02.30 Wita dini hari. Mencuat dugaan karena di desa itu akan diadakan Pilkades.

Kapolsek Andoolo, AKP Juwanto mengaku telah menerima laporan dari Ruslan (warga dusun 3 desa Andoolo) dan Namsir (ketua RT). Keduanya sama-sama melapor sebagai korban penganiayaan.

"Laporan telah ditindaklanjuti, masing-masing yang mengaku korban telah dimintai keterangan, kini masih menunggu hasil
visum. Kami juga akan mengambil keterangan semuanya (saksi)," terangnya.

Ia memastikan akan mengusut kasus tersebut sesuai prosedur. Setelah mengambil keterangan saksi dilanjutkan dengan gelar perkara. "Gelarnya nanti bukan di kami, nanti gelarnya di Polres Konsel. Setelah terang masalahnya pasti akan disampaikan perkembangannya. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya," ujarnya.

Menyangkut kronologis, pihaknya belum bisa memberikan gambaran persisnya. Mengingat keduanya punya versi masing-masing. Artinya masih subjektif. "Intinya usai kejadian, keduanya saling lapor. Sama-sama merasa dianiaya. Kini masih penyelidikan. Jika semua keterangan sudah ditarik, dan hasil visum sudah keluar, baru bisa kita rangkai secara utuh kejadiannya. Yang jelas memang ada kejadian," bebernya.

Ia mengimbau masyarakat terlibat aktif memastikan Pilkades serentak khususnya di Andoolo berjalan aman dan kondusif. "Mari bersama sama kita wujudkan Pilkades damai karena kita semua saudara. Masing-masing punya hak dan kewajiban sama sebagai warga negara, tampilkan yang terbaik. Siapapun yang menang harus diterima," tekannya.

Sementara itu Ruslan (36) menuturkan saat itu ia hendak pulang usai mengunjungi rumah pamannya. Setibanya di rumah, Ruslan melihat sudah ada Kades Andoolo Zainal Silondae, bersama Namsir yang merupakan ketua RT dusun tiga.

"Pak desa bertanya seorang warga bernama Edi, saya jawab tidak tahu. Setelah itu pak desa kembali menyerang saya berbagai pertanyaan dengan nada keras tegas serta tendensius, menyerang pribadi saya," ungkap Ruslan saat di temui di Polsek Andoolo.
Ia mengaku secara spontan mengeluarkan kalimat pembelaan dalam perdebatan itu. Namun secara tiba-tiba Namsir menyerang dengan mencekik lehernya. Akibatnya, Ruslan terjatuh dan meminta pertolongan. Tidak hanya itu, Namsir sempat meneriakkan kalimat bernada ancaman "Saya bunuh kamu," sembari mencekik leher.

"Saat kejadian pak desa tidak melerai, nanti saya beteriak meminta pertolongan kemudian adik saya keluar melerai, barulah saya mengamankan diri," terang Ruslan.

Ruslan menduga motif penganiyaan karena ia beda pilihan calon kades. Ruslan mengaku dirinya terdeteksi tidak mendukung anak kades yang maju pada pilkades tahun ini yang bakal digelar Minggu 22 Mei 2022.

"Motifnya mungkin karena saya tidak mendukung anak pak desa, atau mungkin mereka berfikir saya sedang melakukan kampanye mencari dukungan. Sehingga pak desa dan Namsir mendatangi saya," terang Ruslan.

Ia juga mengaku sebelumnya mendapat pesan Whatsap bernada ancaman. Pengirimnya tentangganya yang merupakan seorang pengacara.

"Kau hianati saya bro. Saya pulang dari Wakatobi lihat hasilnya. Kamu PKH yang koordinator sini mi pale kita baku pecah, mulai besok kita baku garu," bunyi pesan Whatsapp.

Kepada pihak kepolisian, Ruslan berharap semoga pelaku secepatnya diamankan, sebab dirinya khawatir. "Yang jelas rasa takut, dan trauma itu ada, apalagi pelaku masih berkeliaran, tentu saya akan selalu merasa terancam," ungkapnya. (b/ndi)

  • Bagikan