Konsel Bergerak untuk Merdeka Belajar

  • Bagikan
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (sepuluh dari kiri) didampingi Wabup, Rasyid (sebelas dari kanan), Sekab, H. Sjarif Sajang dan Kadis Dikbud, Erawan Supla Yuda (delapan dari kiri) berpose bersama para tenaga pendidik, usai upacara hari Pendidikan Nasional, kemarin.


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Setiap tahun, 2 Mei diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tahun 2022 ini peringatannya dilakukan serentak pada 13 Mei, sesuai petunjuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Pasalnya 2 Mei lalu bertepatan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dan cuti bersama. Semangat Hardiknas bergema di seluruh wilayah Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, mengatakan, 2 Mei merupakan momentum spesial, istimewa, sekaligus bersejarah. Menurutnya era pendidikan sudah bergerak menuju arah kemerdekaan belajar.

"Pembelajaran didesak lebih akrab dengan teknologi. Mewujudkan kegiatan belajar yang sesuai kebutuhan zaman," kata Surunuddin mengutip pidato Mendikbudristek, Nadiem Makarim, kemarin. Ia menerangkan, tak mudah bagi generasi muda kini terjun ke lapangan, jika bekalnya hanya teori, buku paket, serta catatan kecil yang terpampang di papan tulis. "Generasi muda kita memiliki peran dan tanggung jawab luar biasa di era ini. Penting bagi mereka dibekali kompetensi dan literasi digital," ujarnya.

Konsel, kata ia bergerak untuk merdeka belajar. Melahirkan generasi muda pelanjut tongkat estafet yang berdaya saing. Mencetak sumber daya manusia yang terus bertumbuh. "Pada momentum hari pendidikan nasional, kami mengajak seluruh masyarakat Konsel khususnya anak muda, meningkatkan kepercayaan diri, keberanian, jiwa nasionalisme, serta pantang untuk berpatah arang di segala keadaan," ajaknya.
Bupati dua periode ini mengatakan, tidak ada alasan menyerah dengan keadaan. Generasi yang hebat adalah mereka yang mampu menghadapi dan melewati rintangan.

"Bersama-sama kita menjadi bisa. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Dengan bersatu, daerah kita akan pulih serta bersama-sama menggapai merdeka belajar," tegasnya. (c/ndi)

  • Bagikan