UHO Dorong Mahasiswa Tak Berorientasi PNS

  • Bagikan
Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Para mahasiswa di setiap perguruan tinggi kini tak hanya dituntut memiliki orientasi dalam bidang akademik saja tetapi harus memiliki kemampuan nonakademik. Salah satu yang mendorong itu adalah Universitas Halu Oleo. Dimana para mahasiswa dan alumninya digenjot agar tak hanya berorientasi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetapi harus memiliki kemampuan lain agar mampu diterima di manapun, entah jadi pengusaha atau bekerja di perusahaan negeri maupun swasta.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.,M.Sc., mengatakan, saat ini pihaknya telah mendorong agar orientasi mahasiswa dan alumni kepajangan cuma jadi pegawai negeri saja, tetapi mereka juga harus punya pengetahuan lain yang mampu menunjang keberhasilan karier mereka di masa depan.

“Sampai sekarang, kita tidak pernah berhenti selalu memberikan wadah kepada mereka untuk dilatih. Jadi disamping mempunyai kemampuan akademik, kita juga membekali mahasiswa dengan kemampuan nonakademik. Salah satunya kita dorong melalui program kewirausahaan mahasiswa,” kata Prof. Zamrun.

Menurutnya, dengan membekali para mahasiswa dengan kemampuan nonakademik, setelah menyelesaikan studinya di UHO, para mahasiswa tidak lagi berpikir menjadi PNS tetapi ada hal lain yang bisa dikerjakan untuk mendukung kesuksesannya. "Tentunya langka yang kami lakukan bukan syarat pasar kerja rendah. Tetapi kita sengaja tambahi kemampuan mahasiswa dengan kemampuan nonakademik agar saat selesai nanti mereka lebih mampu menghadapi segala tantangan di luar kampus," tukasnya.

Dia pun membeberkan, dalam mendorong kemampuan mahasiswa berwirausaha, UHO telah menyiapkan Rp 1,2 Miliar untuk para mahasiswa agar ikut dalam Program Kewirausahaan tahun 2022. "Dana ini disalurkan kepada 160 mahasiswa yang lolos seleksi Program Kewirausahaan tahun 2022. Dimana seleksinya sudah sementara berlangsung," pungkasnya. (rah/b)

  • Bagikan