Progres 87 Persen, Jalan Wisata Kendari-Toronipa Ditargetkan Rampung Agustus

  • Bagikan


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Meski harus molor, proyek pembangunan jalan Wisata Kendari-Toronipa tahap II bakal dirampung tahun 2022 ini. Saat ini, pengerjaan jalan sepanjang 14 kilometer ini terus dikebut. Jika tidak ada kendala, mega proyek ini akan dirampung sebelum Agustus mendatang.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra Burhanuddin mengungkapkan pengerjaan jalan wisata terus menunjukan progres positif. Sejauh ini, progresnya telah mencapai 87 persen. "Sesuai kontrak, pengerjaannya rampung sebelum Agustus. Makanya, kita kebut," ujarnya kemarin.

Untuk pengerjaannya badan jalan sambung mantan Pj Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) ini sudah masuk tahap finishing. Tinggal pengerjaan jembatan yang akan dirampungkan.

"Ada beberapa yang dikerja. Yang belum kelar, tinggal satu jembatan. Tapi semua bahannya sudah ada tinggal pemasangan saja. Satu sisi jembatan sudah kelar, tinggal dirapikan," imbuhnya.

Mantan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Meniral (ESDM) Sultra ini mengakui pengerjaannya proyek ini sempat tertunda karena libur hari raya selama delapan hari. Sebab selama cuti bersama, pengerjaannya memang terhenti.

"Kita terus mendorong percepatan pembangunan. Mulai hari ini (kemarin), kita sudah kembali maksimalkan. Bila perlu, kita akan menambah volume jam kerja. Guna mengejar keterlambatan pasca libur lebaran Idul Fitri.

Jam kerja karyawan kita tambah dengan sistem lembur 18 hingga 24 jam. Karena kita harapkan bisa fungsional di Agustus 2022 mendatang," jelasnya.

Selain itu, ada pula beberapa pekerjaan minor seperti pemasangan marka jalan dan pengerjaan penanaman pohon. Namun ia memasikan pengerjaannya akan berjalan secara beriringan. "Rencananya, jalan wisata ini diresmikan langsung Presiden Joko Widodo.

Sampai saat ini belum ada perubahan jadwal. Kami harap presiden hadir termasuk meresmikan beberapa mega proyek lainnya," ujarnya. (b/kam)

Proyek Jalan Kendari-Toronipa
Tahap II
Progres 87 Persen
Anggaran Rp 788 Miliar
Ditarget Rampung Agustus 2022
Panjang Jalan 11 Km

Tahap I
Progresnya Rampung 2019
Panjang Jalan 3,42 Km

  • Bagikan

Exit mobile version