Lumbung Pangan untuk Kesejahteraan Masyarakat

  • Bagikan
Bupati Buteng H. Samahuddin (tengah) saat peresmian lumbung pangan masyarakat di Desa Wabuloli, Kecamatan Mawasangka Timur.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Di penghujung masa jabatannya, Bupati Buton Tengah (Buteng), H Samahuddin meresmikan lumbung pangan masyarakat di Desa Wambuloli Kecamatan Mawasangka Timur, Rabu (11/5).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada hari ini, saya, bupati Buteng meresmikan enam lumbung pangan masyarakat yang dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) bidang pertanian pada Dinas Pangan Buteng tahun anggaran 2021,” ujar Bupati Samahuddin di hadapan warga Desa Wambuloli, kemarin.

Sepanjang tahun 2021, enam lumbung pangan yang dibangun Bupati Samahuddin tersebar di Desa Wambuloli Kecamatan Mawasangka Timur, Desa Polindu Kecamatan Mawasangka, Desa Lalibo Kecamatan Mawasangka Tengah, Desa bantea Kecamatan Gu, Desa Baruta Lestari Kecamatan Sangia Wambulu, dan Desa Mone Kecamatan Lakudo.

Menurutnya, lumbung pangan masyarakat memiliki dua fungsi. Pertama, fungsi ekonomi.

Keberadaan lumbung pangan bisa meningkatkan kesejahteraan anggota gapoktan (gabungan kelompok petani) penerima bantuan dan masyarakat sekitarnya. Lumbung pangan masyarakat ini diharapkan mampu ditumbuhkembangkan untuk menjaga dan meningkatkan cadangan pangan daerah untuk penanganan pangan.

“Sehingga jika terjadi bencana yang menyebabkan pasokan bahan pangan terputus, musim paceklik atau gagal panen, persediaan pangan tetap ada di tengah masyarakat,” terangnya.

Fungsi kedua, lanjutnya, yakni pada aspek sosial. Keberadaan lumbung pangan masyarakat diharapkan mampu mengimplementasikan rasa kesolehan sosial terhadap masyarakat miskin di sekitarnya, menumbuhkembangkan rasa peduli terhadap sesama yang tidak dapat mengakses pangan di samping menumbuhkembangkan rasa bangga terhadap budaya lumbung desa.

Ketua DPC PDIP Buteng itu memintan gapoktan penerima bantuan lumbung pangan masyarakat agar memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya sesuai petunjuk teknis pengelolaan DAK bidang pertanian dan tetap berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Harapan saya, lumbung pangan ini dapat dipergunakan dengan semaksimal mungkin bagi peningkatan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya demi terwujudnya Buton Tengah yang berkah,” pungkasnya. (uli/adv)

  • Bagikan