Baubau dan Buton Tuan Rumah Expo HUT Sultra

  • Bagikan
Plh. Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio

Memacu Pertumbuhan Ekonomi

Tapak Tilas Perjuangan Sultan Himayatuddin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Seremoni peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) 58 Provinsi Sultra sudah digelar 27 April lalu. Rangkaian peringatan HUT Sultra masih berlanjut. 22 hingga 28 Mei nanti, Pemprov Sultra menggelar pameran (Expo) pembangunan di Kota Baubau dan Kabupaten Buton. Pemusatan expo HUT Sultra di dua tempat berbeda itu diyakini menstimulasi pertumbuhan ekonomi.

Kota Baubau dan Kabupaten Buton akan dijejali manusia dari berbagai penjuru Sultra. Arus lalulintas uang dan distribusi barang dan jasa akan terpusat di Baubau dan Buton. Duit orang Sultra yang bertandang di Kota Baubau dan Buton akan berputar di sektor jasa sewa hotel, penginapan, rumah makan dan pedagang kecil. Roda ekonomi di dua daerah itu akan berputar dan manfaatnya dirasakan masyarakat di sana.

Expo HUT Sultra bakal diramaikan sekira 40-an Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra (dinas, badan, dan biro). Pun begitu 17 pemerintah kabupaten dan kota. Termasuk BUMD, BUMN, lembaga vertikal dan UMKM. Panitia expo mengundang 33 provinsi untuk menghadiri expo pembangunan Pemprov Sultra.

"Sekira 80 stan pameran dari kabupaten/kota, OPD, BUMN, dan UMKM yang akan mengisi rangkaian HUT 58 Sultra ini. Informasi terkini, saat ini persiapan teknis sudah 70 persen," ujar Pj.Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Asrun Lio kepada Kendari Pos, Rabu (11/5), kemarin.

Menurut Asrun Lio, OPD lingkup Pemprov Sultra wajib berpartisipasi aktif dalam pameran capaian pembangunan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas yang dikemas dalam Garbarata (gerakan pembangunan daratan dan kepulauan) menuju Sultra aman dan bermartabat.

Semua OPD wajib menampilkan capaian prestasi dan inovasi yang telah dilakukan agar diketahui seluruh masyarakat Sultra melalui pameran ini. Misalnya, inovasi yang dilakukan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Rangkaian kegiatan HUT Sultra akan diisi beberapa kegiatan. Salah satunya pameran pembangunan yang akan dilaksanakan di Kota Baubau, mulai 22 sampai 28 Mei 2022. Selain itu juga ada tapak tilas mengenang pahlawan nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yi Koo," ungkap Asrun Lio.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra itu menjelaskan pameran pembangunan dipusatkan di Kota Baubau. "Sedangkan tapak tilas pahlawan nasional Sultan Himayatuddin dilaksanakan di Kota Baubau dan Kabupaten Buton," sebut Asrun Lio.

Kesiapan Teknis Dimatangkan

Pemprov Sultra terus mematangkan kesiapan teknis pameran pembangunan dalam rangka HUT 58 Sultra. Masih ada sebelas hari untuk merampungkan kesiapan. Sebab, Expo HUT Sultra dimulai 22 Mei nanti.

Panitia pameran pembangunan, Rusdin Emba mengatakan pihaknya telah menyiapkan sekira 80 stan pameran. "Masih ada beberapa kabupaten/kota yang belum mengonfirmasi tertulis, tapi secara lisan sudah mendaftar ikut Expo. BUMD dan instansi vertikal juga ikut, dan itu nanti kita finalisasi pada rapat tanggal 13 Mei," ujarnya.

Seluruh OPD lingkup Pemprov Sultra berpartisipasi. Mereka sudah mengisi stan pameran yang disediakan panitia. Beberapa lokasi expo yang sedang dibenahi.

"Pembukaan Expo 22 Mei. Jadi dua hari sebelumnya, semua kontingen OPD dan pemerintah kabupaten/kota sudah bergerak menuju lokasi (Kota Baubau,red)," tutur Rusdin.

Rusdin menambahkan, rencananya panitia akan mengundang 33 pemerintah provinsi di Indonesia untuk meramaikan dan mengikuti hajatan tahunan Sultra ini. "Untuk kesiapan hadir belum ada secara tertulis, namun sudah ada beberapa provinsi di regional Sulawesi menyatakan siap hadir dan berpartisipasi. Tapi kepastiannya nanti di rapat pemantapan. Karena tim kami mengundang 33 provinsi," jelasnya. (kam/c)

Memacu Pertumbuhan Ekonomi

Semarak HUT Sultra

Expo dan Tapak Tilas
-Seremoni HUT 58 Provinsi Sultra sudah digelar 27 April
-Rangkaian HUT Sultra masih berlanjut
-Pemprov Sultra menggelar pameran (Expo), 22-28 Mei 2022
-Selain expo, pemprov menggelar tapak tilas perjuangan Sultan Himayatuddin
-Kota Baubau tuan rumah pameran (Expo)
-Kab.Buton tuan rumah tapak tilas perjuangan Sultan Himayatuddin
-Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sultra wajib ikut pameran
-OPD wajib menampilkan capaian prestasi dan inovasi
-Tujuannya agar hasil pembangunan diketahui seluruh masyarakat Sultra

Roda Ekonomi Berputar
-Expo HUT Sultra di Baubau dan Buton diyakini menstimulasi pertumbuhan ekonomi
-Dua daerah itu akan dijejali manusia dari berbagai penjuru Sultra
-Arus lalulintas uang dan distribusi barang dan jasa akan terpusat di sana
-Duit orang Sultra akan berputar di sektor jasa sewa hotel, penginapan, rumah makan dan pedagang kecil
-Roda ekonomi akan berputar, manfaatntya dirasakan masyarakat

Peserta Expo
-40-an OPD Pemprov Sultra (dinas, badan, dan biro)
-17 pemerintah kabupaten/kota
-BUMD
-BUMN
-Lembaga vertikal
-UMKM

Kesiapan Teknis
-80 stan pameran disiapkan panitia
-Kesiapan teknis sudah 70 persen
-Masih ada sebelas hari untuk merampungkan kesiapan
-Sebab, Expo HUT Sultra dimulai 22 Mei nanti
-Ada beberapa pemkab/kota belum mengonfirmasi tertulis
-Secara lisan sudah mendaftar ikut Expo
-Seluruh OPD Pemprov Sultra berpartisipasi
-Mereka sudah mengisi stan pameran yang disediakan panitia
-Dua hari sebelum pembukaan expo, semua OPD bergerak ke Kota Baubau

SUMBER : PEMPROV SULTRA
DATA DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan