Inner Ringroad On The Track

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (depan, tengah) saat meninjau pembangunan Inner Ringroad di Kecamatan Kadia. Kehadiran jalur lingkar dalam diharapkan bisa mengurai kemacetan.


-Progres 45 Persen, Target Rampung Agustus
KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemkot Kendari terus menggenjot pembangunan Jalur Lingkar Dalam (Inner Ringroad) yang berada di Kecamatan Kadia. Kini progresnya sudah mencapai 45 persen. Proyek yang menelan anggaran sekira Rp 220 miliar itu di prediksi rampung pada Agustus 2022.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan pembangunan jalur lingkar dalam berjalan dengan baik sesuai dengan rencana awal. Saat ini, pengerjaan masih berkutat pada pemadatan atau pemasangan batu boulder di sisi jalan.

Bukan hanya itu, kata Sulkarnain, pengerjaan juga masih difokuskan pada penyelesaian beberapa jembatan karena jalan yang dibangun berada tepat diatas aliran anak sungai wanggu (kali kadia). "Semuanya masih berjalan," ujarnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini tak menyebut detail soal kerugian yang dialami warga dan kerusakan lingkungan yang ditimbulkan, akan tetapi pihaknya herkomitmen akan mengganti seluruh kerugian yang dialami warga. "Kan kita ganti. Sudah ada kesepakan diawal jika nanti kalau ada yang terkena jalan ini kita ganti (termasuk pohon mangrove)," kata Sulkarnain Kadir.

Pembangunan inner ringroad lanjutnya, sangat penting dalam rangka mengurai kemacetan yang berpotensi terjadi di Kota Kendari pada masa yang akan datang. Selain itu, kehadiran inner ringroad sangat bernilai strategis bagi daerah. Pasalnya dapat menghidupkan daerah-daerah yang memiliki potensi ekonomi terkhusus bidang perikanan, pedagangan dan pariwisata di Kota Lulo. (b/ags)

Proyek Inner Ringroad
Anggaran Rp 220 Miliar
Panjang Jalan 4,1 Km
-Jalan Kali Kadia-RSUD Kendari 1,5 Km
-Jalan ZA Sugianto-Jalan Mokodompit (Kampus Baru) 2,6 Km
Bangun 4 Jembatan
-Dua Jembatan Sepanjang 90 Meter
-Dua Jembatan Sepanjang 35 Meter
Masa Kerja Juni 2022

  • Bagikan