HUT ke-191 Kota Kendari Didesain Meriah, Hadirkan Gowes dan Expo

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir

9 Mei 2022

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- 9 Mei nanti, Kota Kendari berusia hampir dua abad. Kota Kendari bakal berulang tahun yang ke-191. Berbagai rangkaian kegiatan dipersiapkan untuk memeriahkan hari jadi Kota Bertakwa ini. Pemkot Kendari pun menghadirkan kegiatan yang melibatkan masyarakat seperti Gowes dan Expo (pameran).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, beberapa rangkaian HUT bakal dihadirkan untuk masyarakat pada hari jadi Kota Kendari yang ke-191. Rangkaian kegiatan itu yang dimaksud diantaranya Gowes, Expo dan kegiatan yang melibatkan masyarakat. "Kita sudah persiapkan," ujarnya kepada Kendari Pos, kemarin.

Meski rangkaian HUT Kota Kendari digelar masih dalam suasana pandemi Covid-19, Wali Kota Sulkarnain memastikan seluruh masyarakat dan panitia yang terlibat tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak (physical distancing) agar terhindar dari penularan Covid-19. "Tetap patuhi prokes. Kami juga meminta dukungan masyarakat agat kegiatan bisa berjalan lancar, aman dan sukses," kata Wali Kota Sulkarnain.

Terpisah, Kepala Bappeda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengungkapkan, perayaan HUT Kota Kendari bakal digelar meriah namun tetap bersahaja. Maksudnya, perayaan digagas meriah dengan melibatkan semua unsur terkait termasuk masyarakat Kota Kendari.

"Kegiatan yang akan dilakukan ada yang sifatnya rekreatif, edukatif. Misalnya pelaksanaan Expo yang bekerja sama dengan Kendari Pos. Dalam expo masyarakat nantinya bisa berkunjung di stan (booth) milik OPD (Organisasi Perangkat Daerah) maupun stakeholder, organisasi, maupun paguyuban yang berpartisipasi," ungkap Ridwansyah Taridala.

Selain Expo Kota Kendari, Pemkot Kendari juga bakal menyelenggarakan berbagai lomba seperti bola gotong, balap karung, gowes dan masih banyak lagi.
Ridwansyah menambahkan, pihaknya bakal menggelar festival kuliner yang didalamnya memamerkan berbagai kuliner lokal seperti Sikkato (Sinonggi, Kasuami, Kambose dan Kabuto). Tidak hanya sekedar dipamerkan, masyarakat nantinya akan dilatih cara membuat pangan lokal tersebut.

Selain itu, dalam festival kuliner nantinya ada kegiatan makan bersama oleh Pemkot bersama masyarakat Kota Kendari. "Nanti semua pedagang kuliner di Kendari sepeti pedagang bakso, coto, sate, kikil, somay, dan lainnya itu kita satukan dan sama-sama memeriahkan HUT Kota Kendari," kata Ridwansyah Taridala. (ags/b)

  • Bagikan