Operasi Ketupat 2022, Ruksamin Pimpin Apel Gelar Pasukan

  • Bagikan
Bupati Konawe Utara, Dr. H. Ruksamin (kiri) menyalami petugas kepolisian usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat tahun 2022, kemari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Operasi Ketupat tahun 2022 di Konawe Utara (Konut), akan segera dimulai. Bupati, Dr. H. Ruksamin, yang memimpin apel gelar pasukan tersebut mengatakan, operasi itu merupakan wujud sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022. "Tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakan Idul Fitri dengan berkumpul bersama keluarga. Kegiatan mudik tidak dilarang dan tak dilakukan penyekatan-penyekatan pada jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik," katanya, Jumat (22/4).

Operasi Ketupat 2022 akan dilaksanakan selama 12 hari. Mulai tanggal 28 April sampai dengan 9 Mei 2022. Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA dan Bandara. Operasi itu akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 TNI, serta 43.225 dari instansi terkait antara lain. Mulai dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan lainnya.

"Untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat 2022, saya menekankan kepada para personel untuk menjaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan operasi. Kedua, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Keempat, gelar kekuatan Polri pada pos-pos pengamanan dan pelayanan serta di titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan demi menjamin masyarakat aman dan sehat," paparnya.

Juga tetap melakukan koordinasi dan kerja sama dengan Satgas Covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri 1443 H/2022 dengan melakukan test antigen secara acak terhadap warga masyarakat. "Satgas pangan juga agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga. Mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2022. Sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik berjalan lancar," pungkas Ruksamin dalam apel gelar pasukan turut dihadiri Wakil Bupati Konut, H. Abuhaera, Sekretaris Kabupaten, H. M. Kasim Pagala, Forkopimda serta pejabat lainnya. (c/min)

  • Bagikan