HMPS Biologi FMIPA Gelar Gema Ramadan 1443 H

  • Bagikan
Ketua Jurusan Biologi FMIPA UHO, Muhsin, S.Pd., M.Si (tengah) bersama panitia Gema Ramadan.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menggelar Gema Ramadan 1443 H. Kegiatan ini bertajuk Meningkatkan dan Mempererat Tali Silaturahmi Keluarga Biologi untuk Merajut Iman dan Taqwa dalam Meraih Berkah Ramadan 1443 H. Gema Ramadan merupakan rutinitas HMPS Biologi tiap bulan puasa yang dirangkaikan dengan bakti sosial hingga beragam lomba yang diusung untuk menyemarakan bulan Ramadan dengan segala kebaikan di dalamnya.

Ketua Jurusan Biologi FMIPA, Mushin, S.Pd., M.Si., mengatakan bahwa Gema Ramadan merupakan kegiatan rutin dilakukan selama kurang lebih delapan tahun. Tujuannya agar para mahasiswa familiar dengan kegiatan keagamaan khususnya HMPS Biologi. Serta dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan melalui pembelajaran ilmu atau amal ibadah dalam melakukan kegiatan yang bersifat agamais. "Alhamdulillah, dari kegiatan rutin ini mahasiswa dapat merasakan dampak dan maanfaatnya. Salah satunya yaitu meningkatkan nilai akidah mereka terhadap kepekaan kepada masyarakat dilingkungan sekitar.

Selain itu, dengan adanya Gema Ramadan dapat membentuk perilaku baik mahasiswa terhadap sesamanya salah satunya melakukan bakti sosial yakni berbagi ke panti asuhan. Kemudian, diakhir acara akan diadakan buka bersama antara dosen, mahasiswa dan para alumni. Dengan harapan dapat mempererat silaturahmi keluarga besar Biologi UHO," ujar Muhsin, Jumat (22/4).

Tempat sama, Ketua Panitia Gema Ramadan, Melisa menjelaskan, kegiatan Gema Ramadan 1443 H ini merupakan realisasi dan program pengurus HMPS Biologi UHO tahun 2022 yang diselenggarakan di FMIPA UHO. Dan diselenggarakan selama tiga hari dengan meliputi berbagai lomba. "Rangkaian kegiatan Gema Ramadan ini meliputi bakti sosial, nasyid syahril Quran, hafalan Juz 30, lagu religi, tartil Alquran serta cerdas cermat Quran. Akhir acara akan dirangkaikan dengan buka bersama keluarga besar biologi, dosen, mahasiswa dan alumni biologi," pungkasnya. (m3/b)

  • Bagikan