Sulkarnain Kadir Safari Ramadan di Masjid Agung Al-Khautsar

  • Bagikan
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (tiga dari kanan) foto bersama jemaah dan pengurus masjid

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Momentum Ramadan benar-benar dimanfaatkan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menggaungkan syiar Islam. Melalui safari Ramadan, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berkeliling masjid. Tidak hanya melalui siraman rohani, orang nomor satu di Kendari ini turut membagi-bagikan paket sembako kepada warga kurang mampu dan mushaf Alquran kepada pengurus masjid. Tim Safari Ramadan kali ini menyambangi jemaah Masjid Agung Al-Khautsar.

Dalam ceramahnya, Sulkarnain mengajak seluruh jemaah untuk senantiasa menghindari perbuatan tercela. Menurutnya ada dua perbuatan tercela yang perlu dihindari selama berpuasa yaitu ghibah atau gosip. Meskipun hanya sekedar lelucon, membicarakan orang lain termasuk ghibah.

"Kita kadang tersandung dalam praktek ghibah menceritakan tentang kondisi orang lain, yang betul-betul terjadi pada orang lain,” ujarnya.

Yang kedua lanjutnya, fitnah. Menurutnya, menceritakan atau menuduh seseorang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. “Kita juga kadang terjebak dalam memfitnah mengatakan sesuatu yang tidak kita ketahui kebenarannya,” katanya.

Melalui bulan Ramadan ini, dirinya berharap umat bisa menjaga lisan. Ia lalu mengkutip hadist Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam (SAW) dari Abu Hurairah RA. "Rasulullah bersabda "Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu,” kata Sulkarnain. (b/ags)

  • Bagikan

Exit mobile version