Semarak Kartini Day 2022

  • Bagikan
Ketua TP PKK Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain (berdiri, lima dari kiri), Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin (berdiri, belakang, kanan) dalam peringatan Kartini Day 2022 yang dirangkaikan buka puasa bersama di Graha Pena Kendari Pos, Kamis (21/4), kemarin.

Melahirkan Generasi Unggul

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kaum perempuan diseluruh penjuru nusantara memperingati Hari Kartini, 21 April, kemarin. Pejuang emansipasi, RA Kartini meninggalkan legacy bagi perempuan masa kini. Reinkarnasi RA Kartini, merambah beragam bidang profesi di era kekinian. Mereka berada pada beragam panggung pengabdian di negeri ini. Melahirkan generasi unggul.

Bagi Ketua TPP Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain, Hari Kartini merupakan momentum untuk mengingatkan dan menguatkan kembali spirit perjuangan mulia Ibu RA Kartini untuk kaum perempuan masa kini. Kaum perempuan dapat berkiprah, menghadirkan manfaat di segala aspek melalui belajar atau pendidikan.
"Karena dengan pendidikan akan mengentaskan berbagai permasalahan kehidupan, mengangkat harkat dan martabat bangsa dan daerah," ujarnya saat menyampaikan kata sambutan dalam kegiatan Kartini Day 2022 di Graha Pena Kendari Pos, Kamis (21/4), kemarin.

Kaum perempuan harus menghadirkan spirit Kartini dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam perannya sebagai istri yang amanah, pun dalam peran sebagai ibu yang menghadirkan generasi unggul, berakhlakul karimah sebagai penerus cita - cita keluarga, bangsa dan agama. "Saya kira ini merupakan cita-cita mulia dan harapan seluruh keluarga di manapun," ungkap Sri Lestari Sulkarnain.

Peringatan hari Kartini, merupakan momentum menyadarkan diri akan kemuliaan dan kecintaan yang dianugerahkan Allah SWT, kepada kaum perempuan. "Sekaligus pula menghadirkan penghargaan kepada para pejuang wanita, yang telah berjuang menunjukkan eksistensinya, menunjukan bahwa wanita memiliki kemampuan yang setara dengan yang lain dan bahkan dapat bersaing disegala kondisi," kata Sri Lestari Sulkarnain, Kamis (21/4).

Istri Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir itu mengingatkan perempuan Kota Kendari untuk meneladani semangat pahlawan nasional RA Kartini. Tetap semangat berkarya untuk keluarga, masyarakat, daerah dan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin mengatakan, peran perempuan dalam lingkup keluarga sangat sentral. Kaum perempuan bagian penentu kemajuan daerah maupun bangsa.

"Dari rahim dan didikan seorang ibu, melahirkan generasi unggul sebagai pelanjut tongkat estafet kepemimpinan suatu daerah. Muaranya untuk kemajuan bersama," kata Direktur Irwan Zainuddin.

Sangat penting dan fundamental melalui hari Kartini 21 April ini, menjadi pelecut semangat bagi kaum hawa dan seluruh stakeholder untuk memaknai dan menghayati perjuangan dan karakter yang melekat pada sosok RA Kartini.
"Artinya, kaum perempuan dituntut bukan hanya tangguh di lingkup keluarga, tetapi pada ranah sosial masyarakat mesti mengambil peran untuk kemaslahatan bersama," tandas Direktur Irwan Zainuddin.

Mengasah Kreativitas Kader PKK

TP PKK Kota Kendari bersama Kendari Pos menggelar Kartini Day 2022 di Graha Pena Kendari Pos, Kamis 21 April, kemarin. Kegiatan itu dimeriahkan dengan lomba penyajian takjil (iftar) dan menghias toples. Kaum ibu yang berlomba ditantang menyajikan menu iftar berbahan dasar singkong (ubi). Lomba tersebut untuk mengasah kreativitas kader PKK Kota Kendari.

"Saya sangat mengapresiasi Kendari Pos yang telah membuat kegiatan ini. Lombanya sangat unik, kreatif dan bagus. Apalagi diikuti ibu-ibu camat dan lurah se Kota Kendari,"ujar Ketua TP PKK Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain, Kamis kemarin.

Manajer Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan Kartini Day 2022 ini bertepatan bulan suci ramadan. Lomba yang digelar pun bertema ramadan, yakni lomba membuat menu iftar dan menghias toples.

"Alhamdulillah, Kartini Day berjalan lancar. Semoga tahun depan kita bisa buat kegiatan seperti ini dalam rangka memperingati hari Kartini dengan menjiwai nilai-nilai perjuangan pahlawan RA Kartini," kata Nursyamsi Abidin. (ali/m1/c)

Melahirkan Generasi Unggul

  • Bagikan