Bangun Silaturahmi, Pengurus INSA Kota Kendari Gelar Acara Bukber dengan Anak Yatim Piatu

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Kendari melangsungkan buka puasa bersama (bukber) bersama anak yatim di Hotel Benua, Kamis (21/4/2022).

Ketua INSA Kendari, H Safril mengungkapkan bahwa, buka puasa bersama ini merupakan bentuk silaturahmi antar pengurus dalam mempererat keakraban, terutama di bulan suci ramadan. "Ini bentuk silaturrahmi pengurus INSA Kendari dan baru terlaksana sejak INSA terbentuk tahun lalu, "ungkapnya.

Dikesempatan ini pula, INSA Kendari memberikan santunan kepada sekira 40 orang anak yatim piatu dari Panti Asuhan Yayasan Al Amin Kendari. "Selain bukber, INSA juga berbagi dangan anak yatim," ujar H Safril.

Diketahui, Indonesian National Shipowners’ Association atau INSA merupakan organisasi pengusaha perusahaan pelayaran angkutan niaga yang didirikan pada tanggal 9 Agustus 1967 dan diakui Pemerintah sebagai satu-satunya organisasi perusahaan pelayaran niaga berdasarkan Surat Keputusan Menteri Maritim No. DP.10/7/9 tanggal 6 September 1967.

Ketua INSA Kota Kendari, H. Muhammad Safril

Pengurus Indonesian National Shipowner's Association (INSA) Kota Kendari resmi terbentuk Juni 2021. Kehadiran wadah pengusaha pelayaran itu diharapkan bisa mengatasi masalah perikanan sekaligus menjadi penopang Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor kemaritiman.

Sebelumnya, melalui INSA Kota Kendari, H. Safril berkomitmen meningkatkan sektor kemaritiman Kota Lulo. Ia menilai potensi kemaritiman Kota Kendari sangat baik sehingga dibutuhkan sebuah wadah yang bisa memaksimalkan potensi tersebut sehingga bisa berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

"Kami akan bangun sinergi dengan pemerintah dan siap memaksimalkan potensi kemaritiman daerah. Termasuk untuk meminimalisir persaingan usaha yang tidak sehat pada sektor perikanan," kata Safril.

Sementara, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan kehadiran INSA sangat penting karena bisa menjadi payung (wadah) para pelaku usaha pelayaran di Kota Kendari. Hal tersebut sangat baik agar memudahkan sinergi dan komunikasi kepada pemerintah. "Kami dukung," ujarnya.

Selain menjadi wadah, Subhan yakin kehadiran INSA dapat menjadi sumber PAD baru bagi Kota Kendari. Pasalnya, dalam INSA terdapat beberapa usaha ikutan yang dapat mendongkrak PAD. Salah satunya adalah terbangunnya pusat perbengkelan kapal.

"Tentu ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi daerah. Kemudian distribusi barang menjadi lancar serta sangat baik bagi iklim investasi dan penyerapan tenaga kerja di Kota Kendari," cetus Politisi PKS ini. (ags)

  • Bagikan