138 CASN Ikuti Latsar

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi (depan, tiga dari kiri) bersama jajaran berpose usai penyelanggaraan Latsar yang diikuti 138 CASN, Selasa (19/4). Foto : Net


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebagai pamong pemerintah, tupoksi Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah melayani. Namun kenyataannya, masih ada abdi negara ini yang berprilaku minta dilayani. Padahal mereka telah disumpah menjalankan tugasnya dan bekerja secara profesional.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan penyelenggaraan pemerintahan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai dan berkualitas. Untuk membentuk karakter ASN yang berorentasi pelayanan akuntabel, harmonis dan loyalitas sebagai pelayanan publik, perlu adanya pelatihan dan pembekalan terhadap CASN.

"Orientasi ASN itu melayani, bukan dilayani. Kami berharap pelatihan dasar (Latsar) ini bisa melahirkan ASN yang profesional. Karena nantinya akan menjalankan tata kelola pemerintahan," kata Ali Mazi membuka Latsar CASNN gelombang I di aula merah putih, Selasa (19/4).

Ia menekankan peserta Latsar tidak hanya fokus pada peningkatan SDM saja, akan tetapi harus memahami potensi daerah masing-masing. Dengan begitu, mereka lebih faham potensi tugasnya dalam memberikan pelayanan di masyarakat. "Ikuti Latsar dengan baik agar kedepan bisa menjadi perangkat ASN Sultra yang berintegritas," harapnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sultra Yuni Nurmalawati menjelaskan Latsar bertujuan untuk membentuk ASN profesional dan berkarakter melalui perilaku bela negara, nilai-nilai dasar dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran ASN

"Sebagaimana peraturan lembaga administrasi negara, ada 4 materi yang harus diikuti CASN. Pertama pengetahuan bela negara dan wawasan kebangsaan. Selanjutnya, nilai-nilai ASN. Ketiga peningkatan peran PNS menuju pemerintahan yang baik, dan profesionalitas ASN dalam pelayanan masyarakat. Terakhir aktualisasi mereka di lapangan kerja sesuai bidang tugas masing-masing," jelasnya.

Selain menghadirkan widyaiswara, BPSDM juga bekerjasama dengan Korem.

"Dalam pelaksanaanya itu, peserta akan mengikuti Latsar 18 hari materi ruangan di kantor BPSDM , dan habituasi di lapangan selama 30 hari. Selanjutnya 3 hari kembali keruangan kantor BPSDM untuk ikut seminar ujian dan penutupan, sekaligus pengumuman kelulusan," pungkasnya. (b/kam)

Latsar CASN

  1. Gelombang I
    Diikuti 138 CASN Golongan II dan III
    -80 CASN Pemkab Konawe Utara
    -58 CASN Pemprov Sultra
    Dimulai 19 April-22 Juni 2022
    -18 Hari Terima Materi (kantor BPSDM)
    -Habitasi Lapangan 30 Hari
    -3 Hari Ikut Seminar Ujian, Penutupan dan Pengumuman Kelulusan
  2. Gelombang II
    -Dimulai Bulan Mei
  3. Target 1.458 CASN
  • Bagikan