Mubar Siapkan 17 Cabor Tanding di Porprov

  • Bagikan
Syahrulla Ando

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menatap Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XIV 2022 di Kota Baubau dan Kabupaten Buton. Cabang Olahraga (Cabor) yang akan diikuti Mubar pada ajang empat tahunan itu mulai didata. Setidaknya, 17 Cabor telah siap berlaga pada pesta olahraga terakbar tingkat provinsi itu.

"Yang kita data adalah Cabor yang memiliki Pengurus Cabang (Pengcab) di Mubar. Hasilnya sementara ini hanya 17 Cabor yang memiliki kepengurusan dan memenuhi syarat untuk kita ikutkan pada Porprov nanti," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Mubar, Syahrulla Ando saat ditemui disela-sela menghadiri kegiatan pemerintahan, kemarin.

Lanjutnya, kepengurusan Cabor yang tercatat aktif menjadi salah satu syarat untuk bisa berlaga pada Porprov. Makanya bagi Cabor yang ada di Mubar diminta untuk melaksanakan Musyawarah Kabupaten (Muskab) pemilihan ketua, bila kepengurusan yang lama sudah kedaluwarsa. Sedangkan, Cabor yang baru mau membentuk kepengurusan segera dilakukan, lalu dilaporkan ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mubar dan Dispora Mubar.

"Kemungkinan kalau berkembang, kita bisa ikut sampai 19 Cabor (bertanding di Porprov, red). Tapi sampai saat ini belum ada Cabor baru yang masuk ke kita. Seperti binaraga belum ada. Jadi sementara untuk yang akan kita ikutkan baru 17 Cabor sesuai jumlah yang kita ikuti pada Porprov ke-XIII Kolaka yang lalu," sambungnya.

Pemkab Mubar telah siap mengfasilitasi Cabor untuk ikut bertanding di Porprov mendatang. Termasuk jika ada Cabor baru yang kepengurusannya baru terbentuk. "Kita siap. Hanya saat ini, masih menunggu dari KONI Sultra berapa jumlah Cabor yang akan dipertandingkan di Porprov nanti. Kalau jumlah Cabor saat Porprov Kolaka yang lalu ada 34 Cabor yang dipertandingkan," ungkapnya.

Saat ini, pihaknya belum memasang target Porprov. Alasannya, masih menunggu dari KONI Provinsi tentang jumlah Cabor yang akan dipertandingkan. Yang jelas pada Porprov Kolaka, Mubar ada diurutan ke delapan. (ahi/b)

  • Bagikan