Merawat Kepekaan Sosial, Gubernur dan PT. Antam Berbagi

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi (tujuh dari kanan), direksi dan manajemen PT. Antam saat buka puasa bersama panti asuhan, pondok pesantren dan fakir miskin di Rujab Gubernur Sultra, Senin (18/4), kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Gubernur Sultra Ali Mazi menggelar buka puasa bersama direksi dan manajemen PT. Antam. Bagi gubernur, bulan suci ramadan bukan hanya bulan penuh ampunan, namun juga momentum merawat kepekaan sosial. "Kehadiran bulan suci Ramadan selain memiliki dimensi Ubudiyah dalam konteks hablum minallah, juga menjadi sarana penguatan dimensi muamalah ijtima’iyah atau dimensi kehidupan sosial," ujar Gubernur Ali Mazi saat buka puasa bersama di Rujab Gubernur Sultra, Senin (18/4), kemarin.

Dari aspek hablum minallah umat Islam senantiasa meningkatkan intensitas dan frekuensi ibadahnya untuk taqarrub ilallah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab, bulan Ramadan adalah bulan ibadah dan pahala amal ibadah dilipatgandakan."Sehingga kehadirannya menjadi mutiara yang sangat berharga bagi setiap insan beriman yang menghendaki ampunan dan kesucian diri," kata Gubernur Ali Mazi dihadapan General Manager UBPN Konawe Utara Hendra Wijayanto, Vice President Operasi UBPN Konawe Utara Galih Ajibrata dan Vice President Human Cavital, CSR dan Finance UBPN Konawe Utara Muhammad Rusdan.

Dari aspek muamalah ijtima’iyah umat muslim dituntut untuk peka terhadap kondisi sosial di lingkungannya. Peduli terhadap sesama dan menebarkan kasih sayang kepada semua umat manusia, karena bulan Ramadan adalah bulan rahmat atau bulan kasih sayang.

"Pada bulan Ramadan kita dilatih untuk senantiasa memiliki kepekaan sosial, kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama. Untuk itu, pada bulan yang suci ini kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, karena selain memiliki nilai ibadah, sedekah juga sebagai bentuk kepedulian sosial kepada sesama,” imbuh Gubernur Ali Mazi.

Menurutnya, kegiatan buka puasa bersama bagian dari tradisi umat muslim Indonesia. Kegiatan keagamaan yang bersifat kolektif ini sangat penting dalam upaya penguatan nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan dan persatuan baik sebagai sesama umat muslim maupun sebagai sesama bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Sultra.

“Saya selaku pimpinan daerah Sultra menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas inisiatif PT. Antam untuk buka puasa bersama Pemprov Sultra sekaligus berbagi santunan kepada panti asuhan, pondok pesantren dan fakir miskin sebagai salah satu manifestasi rahmatan lil’alamin yang menjunjung tinggi nilai-nilai kasih sayang dan kemaslahatan bersama," ungkap Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Sultra dua periode itu menegaskan buka puasa bersama ini hendaknya menjadi perekat penguatan sinergitas seluruh komponen masyarakat dengan pemerintah dalam pembangunan, baik di pusat maupun di daerah. Pembangunan mutlak membutuhkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat.

"Tanpa adanya dukungan dari semua pihak mustahil pemerintah dapat meraih capaian pembangunan secara baik dan optimal. Oleh karena itu, dalam momentum bulan suci Ramadan ini, marilah kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membangun kedekatan kepada Allah SWT dalam konteks hablum minallah dan perbaikan tatanan kehidupan sosial masyarakat dalam konteks muamalah ijtima’iyah," pinta Gubernur Ali Mazi.

PT. Antam sebagai komponen bangsa yang kegiatan usahanya berada di Sultra, tentu memiliki komitmen dan tanggung jawab terhadap pembangunan Sultra. “Saya atas nama Pemprov Sultr menyampaikan terima kasih atas peran dan kontribusi PT. Antam selama ini. Saya berharap kebersamaan ini tetap terjalin dan perkuat lagi untuk meraih capaian pembangunan yang lebih optimal ke depan,” tutup Ali Mazi. (rls/ali/b)

  • Bagikan