SMPIT Insantama Kendari Gelar Kristal Ramadan

  • Bagikan
Siswa Insantama Kendari saat mengikuti kegiatan Kristal Ramadan di sekolah. FOTO: Dedeh Ayu/Kendaripos.co.id

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMPIT) Insantama Kendari menggelar Kristal Ramadan 1443 H, bertajuk : Tingkatkan Ketakwaan Selama Bulan Ramadan.

Kepala SMPIT Insantama Kendari, Dwi Putry Ayu Riski AL, S.S mengatakan, Krital Ramadan merupakan rangkaian pra Ramadan dan pasca Ramadan. Kegiatan pra Ramadanmemiliki agenda pawai atau saling bermaafan antara guru dan siswa. Serta memberi nasihat-nasihat kepada siswa. Kemudian juga ada salat sunah, mengaji, tilawah dan pesantren Ramadan.

"Kegiatan pra Ramadan ini dilakukan selama tiga hari. Untuk pesantren Ramadan, biasanya kami berikan materi, berupa adab, akhlak dan manfaat puasa. Kemudian, di hari terakhir kami akan adakan talk show milenial. Kegiatan talk show itu, kami akan hadirkan pemateri dari luar," ungkapnya.

Selain itu juga, ada kegiatan bakti sosial. Berbagi buka puasa dan juga sembako kepada warga sekitar yang kurang mampu. Pembagian sembako tersebut ditargetkan 20 paket dan untuk takjil 30 paket. "Malamnya siswa akan menginap di sekolah dengan rangkaian acara dengar ceramah, salat taraweh dan witir berjamaah," jelasnya.

Ia menjelaskan, kegiatan Kristal Ramadan bukan kali pertama dilakukan siswa SMPIT Insantama Kendari. Tiap tahun, selama Ramadan kegiatan ini rutin dilakukan.

"Dengan kegiatan Kristal Ramadan ini, kami yakin siswa lebih paham kehadiran bulan Ramadan. Artinya, mereka akan lebih mengerti bahwa selama Ramadan, kita wajib mendulang pahala dengan mengisi waktu melakukan kebaikan. Serta dapat membentuk karakter siswa, agar setelah Ramadan, mereka dapat melakukan hal serupa," harapnya.

Lanjut dia, setelah kegiatan Ramadan, siswa akan melakukan kegiatan pasca Ramadan. Kegiatan itu yakni melakukan halalbihalal antara siswa dan guru di SMPIT Insantama Kendari. "Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan. Sehingga terus terjalin komunikasi yang baik antara siswa dan pendidik SMPIT Insantama Kendari," imbuhnya. (b/m3)

  • Bagikan