Jaring Potensi Lokal di Ajang MTQ

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) menjadi ajang mendidik dan mendekatkan masyarakat luas agar mencintai Alquran sebagai pedoman hidup umat Islam. Makanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) intens menjaring anak-anak lokal sebagai peserta lomba MTQ tingkat provinsi, bahkan nasional. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Konsel, Hamlin S Ode Maka.

“MTQ tingkat Kabupaten Konawe Selatan diagendakan digelar Mei 2022 mendatang di gedung Islamic Center Andoolo. Pesertanya perwakilan 25 Kecamatan dan pondok pesantren yang memenuhi kriteria. Pembukaan kegiatan rencananya dilaksanakan setelah Idul Fitri,” ungkapnya, Rabu (13/4). MTQ tingkat Kabupaten, dilaksanakan untuk menyeleksi qari dan qariah berprestasi. Sehingga mampu mewakili Konsel ke ajang MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

“Pemkab Konsel berkomitmen memprioritaskan anak-anak lokal untuk dilibatkan pada ajang MTQ baik tingkat provinsi atau nasional mendatang. Sebab selama ini, para peserta di impor dari luar kabupaten dengan membawa nama Konsel. Setelah berhasil pulang membawa prestasi, tidak ada bekas, sebab mereka bukan asli Konsel,” ungkap Hamlin. Makanya ia meminta pihak Kantor Urusan Agama (KUA) dan Pondok Pesantren yang ada di Konsel bekerja sama menjaring para peserta berprestasi yang akan diutus dalam lomba. Meski belum ada target meraih juara, ia ingin pesertanya adalah anak lokal Konsel.

“Entah itu masyarakat umum maupun santri pondok pesantren. Kita inginkan tahun ini pesertanya adalah murni dari anak-anak lokal sebab kedepan merekalah yang akan mewakili Konsel,” ujarnya. Pihaknya berjanji para peserta yang berprestasi membawa harum nama daerah akan diberi penghargaan. Seperti tahun-tahun sebelumnya dalam bentuk tiket perjalanan umrah. “Untuk membimbing mereka. Kami akan datangkan para pelatih yang berpengalaman dan pernah berprestasi di ajang MTQ tingkat nasional serta didampingi para dewan hakim,” pungkasnya. (c/ndi)

  • Bagikan