DPRD Apresiasi Kinerja Pemkab Konawe

  • Bagikan

KENDARIPOS.O.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menghadiri rapat Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) bentukan DPRD. LKPj tahun 2021 itu disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan kepada anggota Pansus yang diketuai H. Abdul Ginal Sambari. Dalam penyampaian LKPj itu, Pemkab mendapat apresiasi dari DPRD karena mampu mencapai hasil maksimal berdasarkan indikator kinerja utama. Serta dapat melampaui target dari yang direncanakan. Sekab Konawe, Ferdinand Sapan, mengatakan, LKPj telah dipresentasikan dan hasil penilaian dari Pansus DPRD menyatakan kinerja Pemkab pada tahun lalu berjalan maksimal.

“Alhamdullah sudah tuntas. Semua data yang kami sampaikan cukup memberikan informasi yang memadai. Utamanya dalam mengukur indikator makro atau kinerja utama Pemkab di tahun anggaran tersebut,” ujar Ferdinand Sapan, Rabu (13/4) ditemui usai rapat Pansus. Ia menuturkan, kendati LKPj Konawe tahun 2021 dianggap memuaskan, bukan berarti tidak ada kendala dalam perjalanan kinerja. Katanya, ada beberapa sektor kegiatan pembangunan yang berdasarkan data mengalami penurunan angka capaian, meski tidak begitu signifikan.

“Hal itu terjadi karena adanya perubahan-perubahan regulasi secara nasional atas dampak pandemi Covid-19. Namun kekurangan tersebut akan kita perbaiki tahun ini,” ungkap mantan Kepala Badan Kesbangpol Konawe tersebut. Sementara itu, Ketua Pansus LKPj Konawe, H. Abdul Ginal Sambari, menerangkan, pelaporan itu merupakan amanat konstitusi kepada pihak legislatif untuk menilai kinerja eksekutif dalam setiap tahunnya. Pelaporan LKPj ini, sebutnya, bertujuan mengukur indikator kinerja Pemkab sesuai dengan visi-misi kepala daerah selama lima tahun (satu periode masa jabatan).

“Jadi visi-misi bupati dan wakil bupati yang dituangkan dalam RPJMD, itulah yang kami nilai setiap tahunnya. Progresnya seperti apa selama satu tahun. Misalnya program Primadona Pemkab Konawe, yakni sejuta ekor sapi, seribu kolam ikan dan sejuta ton beras. Kita ingin tahu trennya seperti apa. Alhamdulillah kita lihat di lapangan progresnya sangat baik,” pungkas Politikus Golkar Konawe itu. (b/adi)

  • Bagikan