Dana Pembinaan Parpol Habiskan Rp 441 Juta

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Dana pembinaan bagi partai politik (Parpol) di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) diplot sebesar Rp 441 juta dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) pada tahun 2022 ini. Parpol yang mendapatkan dana pembinaan tersebut adalah Nasdem, Golkar, Gerindra, PAN, PDIP, Demokrat, PKS dan PBB. Plt. Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Koltim, Subhan Jaya Sultan, menjelaskan, ada delapan Parpol yang menduduki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Delapan Parpol diberikan dana, sekaligus setiap tahun. Besarannya sesuai jumlah kursi yang duduk di parlemen. Partai Nasdem paling banyak, menyusul PAN, PKS dan lainnya. Dana itu dalam bentuk hibah pembinaan. Memang kewajiban pemerintah menyerahkan satu kali dana pembinaan setiap tahun anggaran,” kata Subhan, Rabu (13/4).

Ia menyebut, dana hibah APBD yang diberikan tahun ini sebesar Rp 441.115.200 pada Parpol peraih kursi di parlemen. “Besarannya sama dengan tahun sebelumnya. Setiap Parpol mempertanggungjawabkan dana tersebut dengan baik dan saat diperiksa BPK relatif aman,” ungkapnya. (c/kus)

  • Bagikan