Blangko KTP-el di Butur Aman Jelang Pilkades

  • Bagikan

KENDARIPOS.COL.ID — Sebanyak 39 desa di Kabupaten Buton Utara (Butur) akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades) pada 19 Juni mendatang. Jumlah warga yang berurusan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Butur pun meningkat drastis untuk melengkapi dokumen administrasi. Pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin La Ode Arwan itu menjamin, stok blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) aman dan masih tersedia 2.001 keping.

“Kami memberikan pelayanan ekstra bagi masyarakat datang mengurus KTP-el, perekaman dan dokumen kependudukan lainnya. Terjadi peningkatan warga yang datang mengurus kartu tanda penduduk. Penyebabnya warga akan menyalurkan hak suara di Pilkades dan ada penerimaan anggota kepolisian,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Butur, La Ode Arwan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/4).

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan Pilkades, pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait data jumlah penduduk di 39 desa tersebut. Disdukcapil menyiapkan data kependudukan untuk menjadi rujukan daftar pemilih tetap, setelah dilakukan verifikasi faktual. “Agar tidak terjadi mobilisasi massa pemilih dalam Pilkades. Penduduk yang bisa menyalurkan hak pilihnya, tercatat minimal mengantongi KTP di salah satu desa yang Pilkades, enam bulan sebelum pemilihan,” terangnya.

Arwan menambahkan, setiap hari pihaknya melaporkan jumlah ketersediaan stok blangko KTP ke Kementerian Dalam Negeri. “Jadi operator setiap hari membuat laporan terkait jumlah penggunaan dan stok blangko. Di bulan suci Ramadan tetap dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandasnya. (c/had)

  • Bagikan