Tiga Bulan, Jumlah Pencari Kerja di Konsel Capai 302

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Sepanjang Januari hingga Maret 2022 lalu, jumlah pencari kerja (Pencaker) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tercatat sebanyak 302 orang. Jumlah tersebut sesuai data yang dikeluarkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Konsel. “Sepanjang 2022 ini, periode Januari hingga Maret yang mengurus kartu AK-1 (kartu pencari kerja) tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) sebanyak 302 orang,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Konsel, I Gusti Adi Suwantara, kemarin.

Ia menyebut, ada trend peningkatan pencari kerja untuk tahun ini, dibandingkan dengan 2021 dan 2020 lalu. “Kalau TPAK tahun 2020 sebanyak 1.203 orang dan 2021 ada 618 orang. Sedangkan tahun ini baru tiga bulan pertama angkanya sudah 302 orang,” ungkapnya. I Gusti Adi Suwantara mengatakan, peningkatan dan penurunan jumlah Pencaker dipengaruhi adanya lowongan atau penerimaan tenaga kerja secara besar-besaran oleh suatu perusahaan.

Saat ini, kata dia, sudah banyak perusahaan yang kembali membuka lowongan pekerjaan. “Sehingga angka Pencaker yang membuat kartu AK 1 mengalami peningkatan. Masalahnya pada tahun 2020 sampai 2021 tidak banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. Bahkan, ada beberapa yang melakukan pengurangan pegawai,” jelasnya. (c/ndi)

  • Bagikan