Dapat Restu BI, Bank Sultra Menerapkan E-Banking

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Nasabah Bank Sultra segera menikmati layanan E-Banking (SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking). Fasilitas transaksi keuangan secara digital yang akan diberlakukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu mendapat restu Bank Indonesia. Bank Sultra dinilai sudah layak menerapkan layanan digital dalam transaksinya.

Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Intern BI Sultra, Aryo Wibowo T Prasetyo mengatakan, BPD (Bank Sultra) telah memasuki tahap pemeriksaan BI Pusat terkait sistem pembayarannya.

“Alhamdulillah dalam waktu dekat ini BPD (Bank Sultra) sudah diasesmen oleh BI Pusat. Karena kalau terkait sistem pembayaran harus izin dari BI. Kemarin dilakukan pemeriksaan secara omset. Kemudian dipastikan sistem yang akan berjalan nanti aman, nyaman, dapat cepat,” ujar Aryo dalam bincang-bincang media bersama BI Sultra di Masjid Al-Alam Kendari, Jumat (8/4), kemarin.

Aryo yakin, jika proses asesmen berjalan baik dan lancar, tidak menutup kemungkinan izin (sistem pembayaran) bakal diterbitkan, Mei mendatang. “In Sya Allah, Mei nanti (Bank Sultra) sudah punya mobile banking dan bisa debet. Jadi kartu ATM-nya bisa dipakai transaksi, dan bisa pakai QRIS melalui mobile banking,” ungkapnya.

Kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas menyebut Bank Sultra sudah lama bersiap untuk mengembangkan layanan E-Banking. Hanya saja belum terealisasi karena belum dapat izin dari BI pusat. “Mudah-mudahan cepat keluar izinnya,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif mengaku belum mendapatkan informasi soal hasil asesmen BI Pusat terkait pengembangan sistem pembayaran Bank Sultra. Saat ini tim dari BI Pusat masih melakukan asesmen.

Abdul Latif berharap hasil asesemennya positif sehingga pihaknya bisa segera menjalankan sistem yang sudah disiapkan seperti E-banking maupun kartu debit Bank Sultra. “Kami masih tunggu hasil (asesmen) dari BI Pusat,” kata Abdul Latif. (ags/b)

  • Bagikan