Astra dan Asuransi Astra Membangun Bank Wakaf Mikro

  • Bagikan


Mendukung Inklusi Keuangan Syariah Masyarakat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — PT. Astra International Tbk (Astra) bersama PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) membangun Bank Wakaf Mikro (BWM) Astra ke-10. Lokasinya di Banda Aceh.
Bank Wakaf Mikro (BWM) Astra itu diresmikan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Wimboh Santoso, kemarin.

BWM Astra hadir untuk mendukung inklusi keuangan masyarakat Indonesia di sektor usaha. Total 10 BWM Astra dengan jumlah dana donasi mencapai lebih dari Rp40 miliar.

Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah mengatakan, tujuan dibentuknya BWM adalah agar masyarakat kecil dapat mengakses layanan keuangan terutama dalam hal pembiayaan. Terlebih masih banyak masyarakat di berbagai daerah yang belum memiliki akses ke layanan keuangan formal. Hal ini merupakan wujud Astra untuk mendukung inklusi keuangan masyarakat terutama dalam keuangan syariah.

“Astra senantiasa menjalankan berbagai kontribusi sosial berkelanjutan untuk memajukan kualitas bangsa. Melalui lini bisnis jasa keuangan, Astra Financial, program Bank Wakaf Mikro diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pondok pesantren di seluruh Indonesia. Hal ini mendukung Sustainable Development Goals Indonesia dan sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” kata Riza Deliansyah, Jumat (8/4), kemarin.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Wimboh Santoso (tiga dari kanan) meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Astra di Banda Aceh, kemarin. BWM Astra hadir untuk mendukung inklusi keuangan syariah kepada masyarakat.

Sementara itu, Chief Compliance and Risk Management Officer Asuransi Astra, Adi Sepiarso, menuturkan pendirian BWM merupakan salah satu bentuk kontribusi Asuransi Astra sebagai bagian dari Grup Astra untuk mewujudkan cita-cita Astra yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa”. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk pelaksanaan komitmen Asuransi Astra dalam hal tanggung jawab sosial yang berkesinambungan, khususnya pemberdayaan kepada masyarakat di sekitar pondok pesantren.

“Astra dan Asuransi Astra menyambut baik peresmian ini serta mendukung pengembangan dan BWM yang diprakarsai oleh OJK. Kami berharap, BWM Babul Maghfirah dapat memberikan manfaat yang baik bagi warga pesantren dan sekitarnya,” kata Adi Sepiarso.

BWM di Banda Aceh ini, sambungnya, merupakan BWM ketiga yang diresmikan dan mendapat dukungan dari Asuransi Astra. Sebelumnya, Asuransi Astra telah memberikan dukungan untuk Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren As’Ad Jambi dan Bank Wakaf Mikro Ahmad Taqiuddin Mansur (ATQIA) di Pondok Pesantren Al Manshuriyyah Ta’limusshibiyan Lombok Tengah.

“Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 oleh OJK RI menunjukkan indeks literasi keuangan Indonesia sebesar 38,03 persendan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19 persen. Persentase tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia belum memahami dengan baik produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal,” ujar Adi Sepiarso.

Adi Sepiarso menegaskan, kehadiran BWM yang didukung Grup Astra menjadi dukungan nyata untuk merespon visi SNLKI 2021–2025, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang memiliki indeks literasi keuangan yang tinggi (well-literate) sehingga dapat memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai untuk mencapai kesejahteraan keuangan yang berkelanjutan.

Selain itu, kehadiran BWM menjadi perwujudan strategi dari Pilar 2 Kerangka Struktural Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) 2021–2025 yaitu Pengembangan Ekosistem Jasa Keuangan yang berfokus pada program memperluas akses keuangan dan meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

“Hingga 2022, total ada 10 BWM yang didirikan oleh Grup Astra melalui lini bisnis Astra Financial, dengan total dana donasi mencapai lebih dari Rp 40 miliar. Pendirian 10 BWM ini dimungkinkan dengan dukungan anak perusahaan dari Astra Financial, mencakup FIFGROUP BWM di Semarang, Jayapura, Ambon, dan Rembang. BWM di Banyuwangi, Banjarmasin, dan Trenggalek. Sedangkan Asuransi Astra dengan sebaran BWM di Jambi, Nusa Tenggara Barat, dan Aceh,” bebernya.

Adi Sepiarso menjelaskan, melalui program BWM, Astra dan Astra Financial senantiasa mendukung OJK RI untuk meningkatkan tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. Hal ini dimulai dari pengenalan manfaat hingga risiko dalam memanfaatkan layanan-layanan lembaga jasa keuangan, khususnya untuk membawa perubahan positif pada tata cara pengelolaan keuangan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera.

Tentang Astra Financial
Astra Financial merupakan brand dari lini bisnis jasa keuangan PT.Astra International Tbk, dengan total aset sebesar Rp142 triliun per Desember 2021. Astra Financial telah melayani lebih dari 15 juta pelanggan yang didukung oleh lebih dari 32 ribu karyawan dan 900 jaringan di seluruh nusantara.

“Astra Financial mengelola 13 entitas bisnis, diantaranya ACC, FIFGROUP, TAF, Asuransi Astra, KAF, SANF, Astra Life, Astra Ventura, MauCash, AstraPay, Moxa, SEVA. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs kami di www.astrafinancial.co.id,” kata Chief Compliance and Risk Management Officer Asuransi Astra, Adi Sepiarso.

Tentang Asuransi Astra
Asuransi Astra telah hadir melayani pelanggan selama lebih dari setengah abad, tepatnya sejak 12 September 1956. Perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi kendaraan bermotor Garda Oto ini hadir melayani pelanggan melalui jaringan layanan yang tersebar di 29 kantor cabang, serta unit layanan dan Garda Center yang terus berkembang.

Selain asuransi kendaraan bermotor, produk lain dari Asuransi Astra antara lain adalah asuransi industri pertambangan, asuransi industri agribisnis, asuransi properti ruko, asuransi SPBU, asuransi syariah, asuransi kesehatan korporasi Garda Medika, dan asuransi kesehatan perorangan Garda Healthtech. Asuransi Astra juga memiliki asuransi yang dapat dibeli secara online di Gardaoto.com seperti Garda Me, Garda Edu, Garda Home, dan Garda Trip,” .

Dengan dukungan cabang dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, layanan terbaik dan sederet pencapaian prestasi tersebut, tentunya tidak menghentikan langkah inovasi Asuransi Astra melalui produk-produk yang terbangun dari semangat Asuransi Astra untuk selalu memberikan kenyamanan dan ketentraman bagi setiap pelanggan. Peace of Mind to Millions adalah hasil yang akan Asuransi Astra berikan kepada setiap pelanggan.

Berbagai informasi mengenai Asuransi Astra lainnya dapat diakses melalui website www.asuransiastra.com, serta digital channel Asuransi Astra seperti Instagram @asuransiastra, Youtube Asuransi Astra, Facebook Asuransi Astra, dan Twitter @_AsuransiAstra. (ali/rls)

Mendukung Inklusi Keuangan Syariah Masyarakat

  • Bagikan