Sulkarnain Kadir Safari Ramadan di Masjid Nurul Jannah

  • Bagikan


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Program safari ramadan berlanjut di Masjid Nurul Jannah, Kelurahan Lahundape, Kecamatan Kendari Barat, kemarin. Pada kesempatan itu, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menyampaikan tausiyah singkatnya kepada para jemaah tarawih yang berkesempatan hadir.

Dalam ceramah singkatnya, Sulkarnain mengajak jemaah untuk memaknai ramadan kali ini sebagai ajang untuk meningkatkan nilai keimanan dengan fokus untuk beribadah.

“Pada hakikatnya puasa adalah jeda. Jeda untuk setiap aktivitas umat selama setahun. Sebab dengan adanya jeda itu, umat dapat fokus untuk meningkatkan nilai keimanan. Ibarat handphone perlu dicas agar bisa digunakan,” ungkapnya.

Puasa memiliki keistimewaan tersendiri ketimbang ibadah lainnya. Ia mencontohkan, kalau ibadah yang lain itu dapat dilihat secara jelas oleh manusia, seperti zakat dapat diketahui oleh orang lain termasuk haji.

“Tapi ibadah puasa tidak ada yang bisa kita perlihatkan, apakah kita mesti keliatan loyo supaya keliatan serius puasanya? Jadi puasa ini betul-betul jadi sarana bagi kita untuk meningkatkan kualitas keimanan,” kata Sulkarnain Kadir.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kendari ini menambahkan, puasa menjadi ibadah untuk mengukur seberapa ikhlasnya seorang insan dalam menjalani kehidupannya.

“Oleh karena itu tak hentinya saya mengajak kepada kita semua untuk merenungkan tujuan Allah SWT menciptakan manusia di dunia ini. Tujuannya hanya satu, untuk menyembahnya dan mensyukuri semua nikmat yang diberikan,” kata Sulkarnain Kadir.

Sekretaris Pengurus Masjid Nurul Jannah, Abdul Alim menyambut baik program safari ramadan tahun ini. Ia menilai program tersebut sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. “Apa yang disampaikan dalam ceramah singkat Pak Wali sangat bermanfaat karena memberikan motivasi bagi masyarakat khususnya jemaah Masjid Nurul Jannah di bulan suci ini,” ungkap Abdul Halim.

Ia berharap program safari ramadan terus berlanjut kedepannya. Bahkan dirinya menginginkan agar Wali Kota Kota Kendari dapat berkhutbah setiap Jumat di Masjid Nurul Jannah. “Terima kasih Pak Wali. Sukses selalu,” kata Abdul Halim. (b/ags)

  • Bagikan