Sulkarnain Bantu Penderita Kanker

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Kepedulian Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir pada warganya, terkhusus pada masa pandemi Covid-19 saat ini, terus diperlihatkan. Buktinya, kemarin, meski ditengah kesibukannya, ia masih menyempatkan waktu untuk berbagi. Kali ini, Wali Kota berbagi dengan Nursa (50), warga Bungkutoko yang dirawat di Rumah Sakit karena mengidap kanker. Nursa harus menjalani perawatan intensif karena kanker yang menggerogoti tubuhnya sehingga tak bisa beraktivitas.

Pada kesempatan itu, Sulkarnain berjanji akan menggratiskan seluruh biaya perawatan Nursa di RSUD Kota Kendari. Bukan hanya itu, dengan menggandeng Baznas, Sulkarnain memastikan kebutuhan keluarga Nursa terpenuhi. “Kami fasilitasi agar mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Supaya pengobatannya gratis,” janji Sulkarnain Kadir. Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kendari tersebut memastikan, seluruh warga metro terlindungi jaminan kesehatannya. Terutama bagi mereka yang tidak mampu. Ia pun meminta kepada seluruh masyarakat untuk melapor jika ada yang membutuhkan uluran tangan pemerintah.

“Insya Allah pemerintah akan selalu hadir ditengah masyarakat,” kata Sulkarnain Kadir. Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf, mengatakan, informasi keberadaan Nursa diperolehnya dari aduan masyarakat. Mengetahui informasi tersebut, pihaknya bersama Kemensos langsung bergegas menjemput Nursa pada kediamannya di Bungkutoko. “(Nursa) kita langsung jemput dan dibawa ke RSUD Kendari untuk mendapatkan penanganan medis,” kata Abdul Rauf.

Mantan Kabag Kesra Pemkot Kendari itu mengakui, Nursa tidak terdaftar sebagai peserta jaminan sosial kesehatan. Sehingga pihaknya mengupayakan pendaftaran sesegera mungkin, baik itu melalui Progran Bantuan Iuran-Jaminan Kesehatan (PBI-JK) maupun kedalam program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). “Layanan kesehatannya harus gratis agar tidak membebani keluarganya. Apalagi yang bersangkutan adalah warga kurang mampu,” kata Rauf.

Mantan Sekcam Baruga tersebut menambahkan, Pemkot Kendari dan Kemensos akan selalu hadir bagi masyarakat yang membutuhkan. Ia berharap, masyarakat yang mengetahui keberadaan sesama kurang mampu dan mengalami sakit untuk segera menginformasikan kepada pemerintah.
Terpisah, Nursa penderita kanker mengucapkan terima kasih atas respon yang diberikan pemerintah. Ia berharap perhatian yang diberikan bisa segera menyembuhkan penyakitnya sehingga bisa beraktivitas kembali. (b/ags/adv)

  • Bagikan