Lahan TPU Puunggolaka Diperluas

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Luas kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Punggolaka bertambah. Pemkot Kendari mengerahkan alat berat untuk menambah 3 hektar luas lahan pemakaman, mengingat tingkat keterisian sudah mencapai 70 persen. Sehingga TPU kini memiliki luas lahan 33 hektar, sebelumnya hanya 30 hektar.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Kota Kendari, Cornelius Padang mengatakan penambahan luas lahan TPU mempertimbangkan tingkat kematian di Kota Kendari yang meningkat.


“Dalam sehari, itu bisa sampai 3 – 4 orang (meninggal dan dimakamkan di TPU Puunggolaka), sehingga kita harus segera melakukan pembenahan,” ungkapnya, kemarin.

Pasca penambahan, pihaknya kini tengah melaksanakan pematangan lahan pemakaman. Hal tersebut dilakukan mengingat kontur lahan yang berbukit (lembah) sehingga perlu dilakukan penggusuran. “Kita gusur, tanahnya kita tarik dan kita ratakan, sehingga sekarang lebih layak untuk kita jadikan area pemakamannya,” kata Cornelius Padang.

Kedepan pihaknya juga akan lebih menata letak makam agar terlihat lebih rapi dan teratur sehingga tidak menyulitkan keluarga yang hendak berziarah. “Nanti kita akan paving blok (di kawasan makam) agar lebih rapi,” kata Cornelius. (ags/b)

  • Bagikan