6 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memilih Sprei

  • Bagikan

Sprei adalah elemen penting dari tempat tidur untuk menunjang kenyamanan. Pemilihan sprei berpengaruh pada kualitas tidur, jadi pemahaman terkait pemilihan sprei sangat penting.  Agar nyaman saat beristirahat, sebaiknya Anda mempertimbangkan sejumlah poin sebelum membeli, misalnya pemilihan sprei lembut dengan kualitas bahan yang baik. Berikut ini ulasan beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum memilih sprei.

Sesuaikan Ukuran Sprei dan Kasur

Salah satu kesalahan umum saat memilih sprei yaitu kurang memperhatikan faktor ukuran. Sekilas ini terdengar sepele, tapi ternyata banyak orang yang salah pilih ukuran sprei sebab mereka tidak mengetahui ukuran kasur atau spring bed yang mereka pakai.Ukuran sprei akan ditentukan dari ukuran kasur. Biasanya, orang hanya mengetahui twin size, queen size, dan king size tanpa mengetahui berapa ukuran tepat kasur tersebut.

Terlebih lagi, perbedaan istilah dalam ukuran kasur antara Indonesia dan luar negeri. Setelah mengetahui ukuran kasur atau spring bed, perhatikan pula label kemasan pada sprei sehingga Anda akan terhindar dari kesalahan dalam pembelian ukuran sprei.

Mengecek Kain Sprei

Sprei terbuat dari berbagai jenis kain dan sebaiknya Anda membeli sprei dengan bahan yang halus, berdaya serap tinggi, dan lembut. Jenis bahan sprei akan mempengaruhi kenyamanan saat dipakai dan mempengaruhi perawatannya saat dicuci. Sebaiknya pilih sprei dengan bahan material yang nyaman dan tidak panas saat digunakan 8 jam sehari. Pilihlah sprei berkualitas terbaik dan tahan lama. Beberapa jenis kain yang direkomendasikan untuk sprei yaitu sutra dan katun. Anda bisa memilih sprei berbahan katun atau poli campuran agar tidak mudah mengkerut.

Sprei dari katun adalah jenis sprei yang paling populer karena sifatnya mudah menyerap keringat, dingin dan lembut. Selain katun, bahan lain yang kerap digunakan untuk bahan sprei lembut adalah sutra atau kashmir. Tapi sprei lembut dari bahan-bahan ini cukup mahal dan perawatannya juga tidak bisa sembarangan. Jika Anda memiliki sprei berbahan sutra atau kashmir, sebaiknya cucilah dengan proses dry clean agar warna dan bahan sprei selalu awet.

Sesuai Sprei Dengan Desain Kamar

Saat membeli sprei, perhatikan warna dan desain motifnya karena dua hal ini bisa jadi acuan dalam memilih sprei bagus dan berkualitas. Sebaiknya, pilih motif dan desain sprei yang sesuai dengan kamar tidur. Pastikan warna sprei yang dipilih cocok dengan motif dan desain interior ruang kamar. Misalnya, kamar yang berukuran kecil kurang sesuai jika menggunakan sprei bercorak besar, karena akan memberikan kesan kamar yang sempit. Untuk mengatasinya, sprei motif netral atau polos bisa membuat kamar terlihat lebih luas dan lapang.

Perhatikan Permukaan Sprei

Jika Anda membeli sprei secara langsung di toko, maka tes kualitas bahan bisa dilakukan dengan menyentuh spreinya. Sprei berbahan bagus biasanya terasa lembut dan sejuk saat disentuh. Tapi jika dari permukaan spreinya saja sudah tampak kaku dan kasar, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk membeli sprei itu meskipun motifnya cantik dan harganya murah. Sprei dengan bahan material yang kasar dan kaku hanya akan menurunkan kualitas tidur Anda.

Perhatikan Desain Sprei

Pola dan desain berperan penting dalam keindahan sprei. Anda bisa memilih sprei dengan desain dan pola yang Anda sukai, mulai dari pola kecil, sedang, besar dan campuran dengan beragam warna. Pemilihan sprei yang tepat akan membuat suasana kamar terlihat lebih cerah dan hidup. Sprei biasanya juga mencerminkan karakter seseorang. Jadi, pilihlah motif sprei yang sesuai dengan karakter Anda. Misalnya, jika  Anda adalah orang yang periang, Anda bisa memilih sprei lembut dengan motif warna-warni.

Tapi bila Anda memiliki kepribadian yang tenang dan cenderung kalem, Anda bisa memilih sprei polos tanpa motif dan warna yang netral. Sementara untuk kamar anak, Anda bisa memilih sprei lucu dengan motif karakter kesayangan si kecil atau sprei lembut dengan motif tim sepakbola favoritnya.

Bandingkan Dengan Merek Lain

Meski sudah memiliki merek favorit, tidak ada salahnya Anda melihat sprei merek lain sebagai pembanding sebelum membeli. Jangan hanya terpaku pada satu merk saja dan lebih baik berinvestasi sedikit lebih mahal untuk mendapatkan sprei yang kualitasnya tidak diragukan. Jika teliti, Anda akan bisa mendapatkan sprei berkualitas baik dan harga yang cocok di kantong karena biasanya harga akan mempengaruhi kualitas.

Tidak apa-apa jika membeli sprei yang awet dan tahan lama meski harganya sedikit lebih mahal. Carilah supplier dan penjual yang terpercaya serta gali informasi sebanyak-banyaknya. Jika Anda membelinya sprei secara online, pastikan Anda mendapat jaminan jika sprei yang sudah dibayar tidak ada risiko rusak pada saat pengiriman.

Nah, setelah membaca tips yang sudah dirangkum oleh Blibli di atas, jangan sampai Anda salah membeli sprei ya! Jangan lupa untuk membeli sprei di Blibli karena Blibli menyediakan berbagai jenis sprei dengan berbagai merek untuk menemani Anda tidur.

  • Bagikan