Kanwil Kemenag Sultra Lantik Sembilan Pranata Komputer, H. Zainal Mustamin : Jaga Rahasia Kantor!

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Sembilan pejabat fungsional pranata kompute di lingkup Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) dilantik, Rabu (6/4) di Aula Kanwil Kemenag Sultra. Seremoni itu dipimpin Kepala Kanwil Kemenag Sultra H. Zainal Mustamin.

Kesempatan itu, Zainal Mustamin mengatakan, menjadi pejabat tidaklah mudah. Pejabat harus banyak bekerja daripada tidur, dan akan selalu terganggu dengan pekerjaan. Apalagi pekerjaan kantor selalu datang silih berganti, maka pejabat harus menyiapkan diri dengan pekerjaan itu.

“Yang dilantik hari ini nantinya akan mengisi Jabatan Pranata Komputer Ahli Pertama di sembilan Kantor Kemenag kab/kota. Masing-masing Kolaka Timur, Bombana, Buton Utara, Buton Selatan, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Muna, Konawe Utara dan Kolaka,” katanya.

Ia mengungkapkan Pranata Komputer seringkali berada dibalik layar, tapi kontribusinya bagi institusi sangat besar. Banyak pekerjaan di level pimpinan, diselesaikan oleh Pranata Komputer. Ia meminta Pranata Komputer menjaga integritas, setia pada Pancasila dan UUD, tidak melakukan penyalahgunaan wewenang dan perbuatan tercela.

Zainal menambahkan, Pranata Komputer mengetahui rahasia kantor. Karenanya, Pranata Komputer harus memegang rahasia jabatan dan rahasia negara. Jangan memperjualbelikan rahasia jabatan. “Hari ini sudah disumpah, jangan sampai melanggar. Karena banyak kesalahan yang terjadi di level pimpinan, padahal keselahan dilakukan Pranata Komputer,” ujar mantan Kepala Kemenag Kendari.

Ia berharap Pranata Komputer membantu institusi ini dengan kompetensi yang dimiliki. Sebab kompetensi ini langka. “Kalian akan menapaki karir yang lebih baik di masa depan. Hampir semua pekerjaan termasuk assessment jabatan yang diikuti harus punya kemampuan komputerisasi. Sehingga kalian bisa menatap masa depan, asalkan bekerja secara profesional,” pungkasnya. (m4/c)

  • Bagikan