Selama Ramadan, Aktivitas Belajar di Buteng Tetap Normal

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Aktivitas belajar mengajar siswa SD dan SMP di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) selama bulan suci Ramadan tetap berjalan seperti biasa. Hal itu mengacu pada kalender pendidikan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan RI.

“Pembelajaran tatap muka tetap dilakukan seperti biasa di bulan Ramadan ini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Buteng, Abdullah saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/4).

Abdullah menjelaskan, kendati kegiatan belajar mengajar (KBM) yang berlangsung selama bulan puasa tetap mengacu pada ketentuan pembelajaran yang ada, para tenaga pendidik diperbolehkan membuat kebijakan untuk mengurangi waktu belajar. Mengingat kondisi fisik siswa yang tidak sama dengan hari-hari biasa.

Dengan pengurangan durasi belajar, siswa bisa melaksanakan kewajiban belajar dan berpuasa secara seimbang.

“Jika biasa waktu belajar 1 jam untuk satu mata pelajaran, bisa nanti menjadi 45 menit setiap mata pelajarannya,” imbuhnya.

Lanjut Abdullah, Dikbud juga telah memberikan kebijakan tiga hari libur kepada semua sekolah selama Ramadan.

Kebijakan ini diberlakukan mulai tanggal 4 April sampai 6 April 2022. Ia juga memastikan aktivitas belajar mengajar sama sekali tidak menghalangi para siswa dalam menjalankan ibadah puasa.

“Anak-anak juga kan senang kalau sekolah di bulan puasa,” tandasnya. (uli/b)

  • Bagikan