Rp 87 Miliar DD Koltim Harus Dikelola Transparan

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Dana desa (DD) yang dialokasikan Pemerintah Pusat di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) pada tahun 2022 ini, mencapai Rp 87,3 miliar. Kepala cukup fantastis jumlahnya. Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, Hanarudin, mengungkapkan, DD yang disalurkan tersebut bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur pada 117 desa dari 12 kecamatan di Bumi Sorume.

Mantan Camat Mowewe itu mengakui, aliran DD tahun ini di Koltim mengalami penurunan. Jika pada 2021 lalu nominalnya mencapai Rp 96 miliar, maka tahun 2022 ini hanya 87,3 miliar atau turun sekitar Rp 9 miliar. “Ini disebabkan karena adanya pandemi virus corona yang melanda Indonesia, sehingga ada pemotongan anggaran,” jelas Hanarudin, Minggu (3/4).

Sedangkan untuk alokasi dana desa (ADD) pada tahun 2022 ini diplot Rp 40,5 miliar. Termasuk dana stimulan Rp 50 juta setiap desa mulai disalurkan tahun ini. “Saya harap dana desa bisa dimanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran membantu masyarakat. Meningkatkan pemberdayaan dan infrastruktur desa agar lebih maju. Kerjakan sesuai peraturan yang berlaku dan kelola secara transparan,” tandas Hanarudin. (c/kus)

  • Bagikan