Konawe 100, Kolut 265 Personil Polisi Amankan Jalur Mudik – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Konawe 100, Kolut 265 Personil Polisi Amankan Jalur Mudik

kendaripos.fajar.co.id – Setelah membenahi sejumlah jalan rusak pada jalur Unaaha, kini aparat Polres Konawe juga sudah melakukan gelar pasukan Operasi Ramadniya Anoa 2017 dalam mengamankan sejumlah titik rawan. Kegiatan menyambut perayaan Idul Fitri itu dilaksanakan Senin (19/6) dan turut dihadiri Perwira Penghubung (Pabung) Kodam Hasanuddin Konawe, Mayor Inf. Sutejo dan Kepala Bappeda, H.K. Santoso mewakili unsur pemerintah.

Kapolres Konawe, AKBP Jemi Junaidi mengungkapkan, pihaknya akan melibatkan 100 personel dalam operasi tersebut, untuk berjaga dan patroli selama 16 hari, hingga 6 Juli mendatang. Kegiatan itu juga melibatkan pihak TNI, Dinas Perhubungan, BPBD, Satpol PP dan Damkar Konawe. “Operasi ini akan berlangsung sampai satu minggu setelah lebaran, terhitung hari ini,” ujar Jemi, setelah memimpin apel.

Setiap personel akan ditempatkan pada berbagai titik operasi yang dianggap perlu, misalnya di pos pengamanan arus mudik dan balik di Asera, Sampara, Unaaha dan Lambuya. Selain itu, akan ada juga yang ditempatkan pada titik jalan rusak, rawan kecelakaan lalu lintas, area pasar, terminal, tempat wisata hingga pemukiman warga.

“Untuk memaksimalkan semuanya, kami juga akan melakukan patroli rutin mengecek Kamtibmas di Konawe. Kami berupaya memberikan pelayanan maksimal, bersama instansi terkait selama operasi berlangsung, agar pemudik bisa merasa aman dan nyaman,” tandasnya.

Sementara itu di Kolaka Utara (Kolut), aparat Kepolisian Resort (Polres) setempat juga telah menyiagakan 265 personil gabungan yang siap diterjunkan sejak kemarin. Ada tiga posko utama didirikan untuk memantau arus mudik serta balik di Kecamatan Rante Angin, Pelabuhan Tobaku dan Kecamatan Tolala.

Kapolres Kolut, AKBP Juli Eko Prihartono didampingi Wakapolres, Kompol Robert Silas Boro menjelaskan, khusus personel kepolisian ada 150 orang siaga. Sementara 115 lainnya berasal dari unsur TNI, dinas perhubungan, tenaga kesehatan, Satpol PP, Damkar hingga PU. “Dinas PU kami libatkan karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Jadi jika ada longsor maupun kerusakan jalan, mereka bisa segera diterjunkan,” terangnya.

Untuk antisipasi jalur ekstrem bagi para pengendara kata Juli Eko di Kolut ada tiga titik rawan masing-masing Jalan Trans Sulawesi di Tolala, Katoi dan Tojabi. “Kami juga sampaikan ke aparat Polsek agar memersiapkan mekanik, khususnya di setiap posko. Kalau kendaraan pemudik yang rusak bisa langsung ditangani,” bebernya. Meski demikian, teritorial Kolut dipandang masih kondusif dari sisi keamanan dan kepadatan arus mudik dan balik.

Di Konawe Selatan (Konsel), gelar pasukan Operasi Ramadniya 2017 juga dilaksanakan. 120 personel ditambah 125 anggota TNI, BPBD, Dishub, masyarakat, tenaga kesehatan serta dinas terkait lainnya dilibatkan. “Yang jelasnya secara total ada 245 siap mengawal arus mudik lebaran ini,” kata Kapolres Konsel, AKBP Yeyen Lesmana, kemarin.
Ada tiga hal ditekankan pada anggotanya yang bertugas di lapangan. Muali dari memantau kestabilan harga pangan, keamanan dan ketertiban masyarakat serta kenyamanan arus mudik maupun balik.

“Kita tahu sendiri jalan kita saat ini kondisinya bagaimana. Ada banyak yang longsor dan berlubang, ini tentu sangat berbahaya. Untuk itu saya minta setiap anggota yang bertugas dapat mengingatkan setiap pengendara di titik-titik rawan kecelakaan,” tegasnya.

Pihaknya membangun tiga pos pengamanan di Pelabuhan Torobulu, Amolange dan pertigaan Punggaluku. “Kemudian dibeberapa titik poros lainnya yang dianggap rawan longsor, seperti di Wolasi dan Kecamatan Palangga. Saya juga mengimbau pengguna jalan agar berhati-hati. Jangan ugal-ugalan dan pastikan kelengkapan kendaraan sebelum mudik,” pesan Yeyen. (c/hel/rus/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top