Merinding ! Begini Cara Para “Tukang Jagal” Melewati Ramadan di Lapas Kendari – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Metro Kendari

Merinding ! Begini Cara Para “Tukang Jagal” Melewati Ramadan di Lapas Kendari

Sejumlah Napi di Lapas Kendari mengaji di Masjid. Foto : Komar/Kendari Pos.

Tangan Imsak, Kamaruddin dan Agustin pernah berlumur darah. Nyawa manusia mereka cabut paksa. Di Lapas, mereka kini menjalani hukuman. Dan Ramadan, datang membawa hikmah bagi para tukang jagal ini.

Kamaruddin, Kota Kendari

Rona kedamaian terpancar dari wajah- belasan orang di dalam sebuah masjid. Beberapa diantaranya terlihat tengah membaca Alqur’an. Yang lain, pulas tertidur, menuntaskan kantuk yang tertunda saat sahur. Pagi memang belum begitu lama menyapa bumi, sekira pukul 10.00 Wita, saat Kendari Pos masuk ke kawasan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kendari, Rabu (14/6) lalu.

Lamat-lamat, dari sebuah sudut masjid, seseorang terlihat begitu serius melisankan satu demi satu huruf Alquran. Ia amat semangat dan tekun membaca kalam Tuhan itu. Namanya Kamaruddin alias Kama. Ia terpidana seumur hidup karena memutilasi istri keduanya. “Inilah yang bisa saya lakukan untuk memohon ampunan Tuhan karena perbuatan saya di masa lalu,” kata pria itu, setelah menghentikan sejenak bacaannya menyadari ada tamu yang mendekatinya.

Sudah 10 tahun Kama melewati Ramadan di tempat itu. Itu artinya sudah berpuluh-puluh kali ia menamatkan Alquran. Tiap puasa, minimal ia bisa tiga kali khatam. “Apa mau dibikin di sini. Tidak ada, jadi mengaji saja terus, kan dapat pahala. Kadang saya mengaji satu hari lima juz,” katanya soal alasan ia bisa berlama-lama mengaji.

Baginya, ada kenikmatan jiwa yang berbeda saat ia membaca Alquran. Apalagi setelah menjadi penghuni Lapas Kendari. Ia bercerita, tahun 2007 lalu, ketika pertama kali menginjakkan kakinya di Lapas, ia hanya berada di dalam kamar tahanan saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu dirinya berfikir bahwa hidupnya akan dihabiskan di Lapas. “Dengan umur saya yang semakin tua, yang harus saya kerjakan itu perbanyak ibadah untuk bekal nanti di akhirat,” tuturnya.

1 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top