Tujuh Bacagub Sultra Lamar Partai Demokrat – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Politik

Tujuh Bacagub Sultra Lamar Partai Demokrat


Ketua Harian DPD I Golkar Sultra, Imam Al Gazali saat menyerahkan formulir berkas Ridwan Bae (kiri), dan diterima oleh Ketua Panitia Penjaringan Partai Demokrat Sultra, S. Budhi Prasodjo. Hasilnya, dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat. Foto : Marwan Abidin / KENDARI POS.

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sultra resmi “dilamar” oleh 7 bakal calon gubernur Sultra dan satu bakal calon wakil gubernur Sultra. Mereka adalah Rusda Mahmud bersama pasangan wakilnya Sjafei Kahar, Lukman Abunawas, Ali Mazi, Supomo, Ridwan Bae, La Ode Ida dan Rusman Emba. Ketujuh Bacagub tersebut telah mengembalikan berkas pendaftarannya. Nah, dihari terakhir pengembalian berkas, Rabu (14/6), nampak ada tiga bacagub yang mengembalikan yakni Supomo, Ridwan Bae dan Rusman Emba.

Ketua Panitia Penjaringan Partai Demokrat Sultra, S. Budhi Prasodjo mengatakan, sampai hari ini (kemarin, red) itulah bacagub dan bacawagub yang mengembalikan berkas pendaftarannya. Artinya, hanya sejumlah itu yang serius untuk mendaftar dan ingin meminang Demokrat agar diusung di Pilgub 2018 mendatang. “Semua diverifikasi, diteliti dan semuanya kita nyatakan lengkap berkasnya,” ujarnya usai menerima para bacagub yang mengembalikan berkasnya, kemarin.

Dijelaskannya, setelah diterima semua maka akan diverifikasi sesuai persyaratan yang telah disiapkan. Diantaranya, adalah partai politik yang menjadi koalisi untuk menggenapkan 9 kursi dari sejumlah 6 kursi yang dimiliki oleh Demokrat Sultra di DPRD Sultra. “Jadi, mulai 15 sampai 16 Juni kita akan verifikasi kembali semua berkas figur itu. Jika ada yang kurang maka kami tidak menolerirnya,” jelasnya.

Setelah verifikasi, Demokrat akan mengumumkan figur-figur yang lolos berkas, baik secara tersurat maupun melalui media nantinya. Kata dia, pengumuman itu jeda satu hari dari tanggal verifikasi tersebut. “17 Juni sampai 18 Juni itu pengumuman verifikasi, siapa-siapa yang lolos. Kemudian, akan dilanjutkan dengan mengikuti tahap selanjutnya, yakni penyampaian visi misi di 4 zZona wilayah, yakni Kota Kendari, Baubau, Muna dan Kolaka,” jelasnya.

Ia menambahkan, mengenai jadwal penyampain visi misi itu akan dirapatkan oleh partainya terlebih dahulu. “Kalau jadwalnya, belum ditentukan. Dirapatkan oleh DPD Demokrat dulu. Entah Juli atau kapan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bacagub Sultra, Ridwan Bae yang diwakili oleh Ketua Harian DPD I Golkar Sultra, Imam Al Gazali mengatakan, sejatinya Ketau mantan Bupati Muna dua periode itu sendiri yang menyerahkan berkas pendaftarannya, tapi lagi berhalangan tugas negara. Namun demikian, kata dia, pengembalian berkas untuk menuju tahap selanjutnya adalah bukti keseriusan Ridwan Bae untuk maju Pilgub. Anggota DPR RI itu juga berharap bisa diusung oleh Demokrat di Pilgub nantinya. “Ini (pengembalian berkas pendaftaran) bukti keseriusan beliau Pak Ridwan Bae agar kiranya diusung juga memastikan pinangan yang akan dilakukan nantinya karena menjadi salah satu yang dibidik untuk wakil beliau,” jelasnya.

Bacagub Sultra, Rusman Emba juga tak terlihat saat pengembalian formulir pendaftarannya di Demokrat. Ia diwakili oleh tim pemenangannya La Ode Darmono. Dijelaskannya, Bupati Muna terpilih 2014 lalu itu tengah menemani tim dari Kementerian Pariwisata dan Pedesaan di daerah administrasinya. Dikembalikannya formulir tersebut, merupakan bukti keseriusan mantan Ketua DPRD Sultra itu untuk maju bertarung di Pilgub 2018 mendatang. “Tapi pada kesempatan berikutnya akan bertemu langsung dengan Demokrat. Dan yang jelas, majunya beliau untuk sebuah bisi kepemimpian akan lahirnya peradaban baru untuk Sultra nantinya,” jelasnya.

Disinggung mengenai apakah Rusman Emba akan maju bersama dengan Ridwan Bae? kata dia, hal itu akan dilihat pada perkembangan politik selanjutnya. Namun demikian, dirinya tetap menghormati Ridwan Bae sebagai guru dalam berpolitik Rusman Emba. “Tapi, setelah ini (pengembalian formulir di Demokrat), besok akan dilanjutkan ke NasDem dan PDIP. Dan entah nantinya satu panggung dengan Pak Ridwan Bae atau tidak pada saat menyampaikan visi misi nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Bacagub Sultra, Supomo mengatakan, Sultra sangatlah butuh figur baru untuk membawa Sultra lebih baik kedepannya. Ia juga bercita-cita agar kiranya Sultra bisa sejajar dengan Jakarta. Selain itu juga, dalam tiga tahun kedepan Sultra akan lebih maju dari Sulsel. “Dan Sultra butuh figur baru untuk Sultra lebih baik. Dan TNI ataupun mantan TNI dari dulu tetap komitmen dengan janji dan impiannya,” tandasnya. (wan/c)

Bacagub yang Mendaftar di Partai Demokrat :
– Rusda Mahmud-Sjafei Kahar
– Lukman Abunawas
– Ali Mazi
– Supomo
– Ridwan Bae
– La Ode Ida
– Rusman Emba

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top