Besok Pilrek UHO Digelar, Salurkan Suara Menristek Kirim Delegasi – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Besok Pilrek UHO Digelar, Salurkan Suara Menristek Kirim Delegasi

kendaripos.fajar.co.id — Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir rupanya punya agenda sangat penting, sehingga tidak bisa datang sendiri menyalurkan suaranya di Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Halu Oleo (UHO), besok. Dia hanya mengirim utusan yang dipilih dari salah satu pejabat teras di Kemenristekdikti. Inspektorat Jendral Kemenristekdikti, Jamal Wiwoho yang menyampaikan hal itu.

“Kurang etis kalau saya sampaikan sekarang nama pejabat yang diutus Menristek untuk menyalurkan suaranya di Pilrek UHO. Yang pasti, dia sudah akan ada disana saat pelaksanaan Pilrek, 15 Juni,” ungkap  Jamal Wiwoho saat ditemui di Kemenristekdikti, Selasa (13/6).

Ia mengatakan, suara menteri sebanyak 35 persen sudah diatur dalam ketentuan. Namun ia enggan menguraikan tentang mekanisme menteri menyalurkan suaranya. Apakah diberikan kepada salah satu calon saja atau dibagi ke semua calon rektor. “Kalau teknis, itu kewenangan menteri. Memang ada mekanisme yang mengatur mengenai penyaluran suara. Bisa saja 35 persen diserahkan ke satu calon atau dibagi-bagi dengan calon lain,” katanya.

Jamal tidak memungkiri bila dalam perjalanannya pilrek UHO banyak kendala. Makanya, pihaknya melibatkan banyak lembaga negara untuk mengklearkan hal itu. Seperti  PPATK, KASN dan KPK untuk menilai dan memberikan rekomendasi. Dirinya berharap pilrek UHO dapat menyelesaikan konflik internal yangterjadi.  “Ketika sudah pemilihan dan ada tahap pelantikan rektor definitif, siapapun yang dipilih atau mendapatkan suara terbanyak harus diterima. Amankan semua, harus segera konsolidasi dan membangun UHO agar lebih baik lagi ke depannya,” pintanya.

Untuk diketahui, tiga calon rektor UHO yang bersaing adalah Prof Buyung Sarita, Dr Muh Zamrun dan Prof La Sara. Siapapun yang dapat suara mayoritas dari Menristekdikti, dipastikan akan jadi pemenang. (b/dan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top