Operasi Ramadaniyah Anoa Polda Sultra Dimulai 19 Juni – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Operasi Ramadaniyah Anoa Polda Sultra Dimulai 19 Juni

Suasana Rakor Persiapan Operasi Ramadaniyah.

kendaripos.fajar.co.id — Pemerintah, Polda Sultra dan stakeholder di Sultra punya tanggung jawab moril dalam menciptakan kenyamanan dan keamanan warganya yang hendak mudik lebaran. Untuk itu, sejumlah elemen pemerintah berkumpul dan menyepakati akan menggelar Operasi Ramadaniyah Anoa.

Kapolda Sultra Brigjen Andap Budhi Revianto mengatakan operasi didesain berlangsung selama 16 hari bertujuan untuk memberikan keamanan kepada para pemudik. Termasuk menyelesaikan segala problem lalu lintas di beberapa titik di Sultra dan mengurai potensi kemacetan.

“Operasi Ramadaniyah Anoa mulai digelar 19 Juni dan dipastikan berakhir setelah lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah. Operasi ini dipastikan akan berjalan selama 16 hari kedepan,” ujar Brigjen Andap Budhi Revianto saat memimpin rapat koordinasi bersama instansi terkait di aula Dhacara Polda Sultra, Senin (12/6).

Ada beberapa masukan yang tercetus dalam rakor tersebut. Terutama dalam mengatasi kondisi infrastruktur jalur darat yang akan dilalui para pemudik. Seperti jalur trans Sulawesi yang nyaris lumpuh akibat curah hujan yang tinggi. Masalah itu akan diselesaikan Dinas SDA dan Bina Marga Sultra.

Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Rundubeli Hasan berjanji akan segera menata dan membenahi infrastruktur jalan yang rusak. Proyek pengerjaan jalan tersebut sebenarnya rusak akibat proses cutting gunung, dan ditambah lagi dengan cuaca ekstrim. “Kami pastikan sebelum lebaran akan diperbaiki. Agar para pemudik yang menggunakan jalur tersebut dapat lewat,” ujarnya.

Pihaknya juga akan mendirikan posko tanggap bencana dibeberapa titik. Rencananya 11 posko akan didirikan sebelum momen mudik lebaran. Diantaranya ruas Ambaipua-Motaha, ruas Motaha-Alangga, ruas Kabupaten Koltim-Lapoa, Konsel, ruas Konawe-Belalo (Konut) dan dalam Kota Kendari.

Sementara itu, BMKG Kendari siap menyampaikan prakiraan cuaca. Ini penting, sebab, pemudik mesti mengetahui kondisi cuaca ekstrim di Sultra sebelum mudik. Apalagi yang akan melalui jalur laut.  Sedangkan pihak Pertamina memastikan ketersedian BBM jelang lebaran Idul Fitri. Dipastikan Pertamina akan memecegah kelangkaan BBM.
Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hado Hasina mengatakan pihaknya menyiapkan sembilan armada kapal yang akan memberikan jasa penyeberangan laut di Sultra. Itu pasti akan dilakukan dibeberapa titik daerah yang memiliki pelabuhan. Menurut Hado, para penyelenggara jasa penyeberangan laut diperingatkan agar jangan membawa penumpang melebihi kapasitas kapal. “Itu akan kami cegah. Kami minta agar tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Hado Hasina. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top