Keberatan Dakwaan KPK, Sidang Perdana Umar Samiun Berlangsung Alot – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
HEADLINE NEWS

Keberatan Dakwaan KPK, Sidang Perdana Umar Samiun Berlangsung Alot

Bupati Buton Non Aktif, Umar Samiun mengenakan rompi tahanan KPK.

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Buton non aktif, Samsu Umar Abdul Samiun mulai menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (12/6). Agendanya tentang  pembacaan dakwaan. Sidang terkait kasus suap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar saat sengketa Pilkada Buton 2011-2012 itu dimulai sejak pukul 11.35 WIB.

Sebelum sidang dimulai, Umar Samiun sapaan akrab Samsu Umar Abdul Samiun begitu serius berbicara dengan wakilnya, La Bakry di dalam ruang persidangan. Ketua DPW PAN Sultra itu mengenakan kemeja putih plus celana hitam. Dia nampak santai duduk di kursi pesakitan untuk mendengarkan dakwaan penuntut umum KPK atas perbuatannya.

Usai mendengarkan dakwaan, Umar Samiun langsung mengajukan keberatan kepada majelis hakim. Lelaki 51 tahun itu meminta waktu untuk menyampaikan keberatannya tentang beberapa paragraf dakwaan penuntut umum yang dibacakan secara bergantian oleh Kiki Ahmad Yani, I Wayan Riana dan Amir Nurdianto.

“Yang mulia perkenankan saya mengklarifikasi beberapa paragraf dakwaan. Saat Pilkada Buton saya salah satu pihak yang mengajukan gugatan di MK diantara dua pemohon. Saya adalah pemohon 92 dan yang satunya pemohon 91,” kata Umar Samiun dihadapan majelis hakim yang diketuai Ibnu Basuki Widodo, didampingi anggotanya Frangki Tambuwun dan Diah Siti Basriah.

Pasangan La Bakry itu mengatakan saat putaran pertama Pilkada Buton peraih suara terbanyak adalah pasangan Agus Feisal-Yaudu Salam Ajo. Hanya saja setelah dibawah ke MK, keputusan KPU tersebut dibatalkan dan ada intruksi dari MK untuk pemungutan suara ulang (PSU). Saat PSU, ia dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak. Nah, ia disangkakan memberi Akil Mochtar sejumlah duit untuk mempengaruhi putusan.

1 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top