Blangko Minim, Pencetakan e-KTP Dibatasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Bombana

Blangko Minim, Pencetakan e-KTP Dibatasi

kendaripos.fajar.co.id RUMBIA- Stok blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang diterima Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bombana, belum memadai. Kondisi tersebut membuat instansi ini harus membatasi pencetakan kartu identitas kependudukan. Salah satu solusi yang ditempuh adalah blanko e-KTP hanya diprioritaskan bagi warga yang sudah lama melakukan perekaman serta belum sama sekali terdata.

Kepala Seksi Identitas Penduduk, Bidang Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Bombana, Hermayanti mengatakan, pembatasan pencetakan e-KTP itu dilakukan karena stok blangko yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri memang sangat terbatas. Sejak September tahun lalu hingga Juni 2017 ini, pihaknya baru mendapat kiriman 4.000 keping e-KTP. “Kami pun harus memberikan skala prioritas dalam pengeluaran blangko. Sampai saat ini, tercatat sudah 1.000 blangko e-KTP yang dikeluarkan. Jadi dari 4.000 keping yang kami terima, tersisa 3.000,” jelasnya, kemarin.

Jumlah blangko e-KTP ini akan terus menyusut, sebab sampai awal Juni ini tercatat 2.457 e-KTP dalam posisi Print Ready Record (PRR). Artinya, dua ribuan e-KTP ini tinggal menunggu penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari Kementerian Dalam Negeri. Selain itu, warga Bombana yang belum memiliki NIK dari kementerian juga tidak kalah banyak jumlahnya. Menurut Hermayanti, hingga awal Juni ini, jumlahnya tercatat 1.841 orang.

Seribuan warga ini memang telah melakukan perekaman, tapi sampai saat ini masih menunggu konfirmasi NIK dari Kemendagri. “Datanya sudah terkirim di Kemendagri. Sekarang kami masih menunggu konfirmasi. Yang jelas, dari jumlah tersebut (1.841), sekitar 36 diketahui sudah melakukan perekaman di tempat lain, dan merekam lagi di Bombana sehingga dari sistem tertulis duplikat,” ungkapnya.

Kekurangan blangko e-KTP ini juga mengharuskan Disdukcapil menyiasati warga yang ingin membuat e-KTP dengan pembuatan KTP sementara atau pemberian surat keterangan (Suket). KTP sementara ini, kegunaannya sama saja layaknya kartu sesungguhnya dan berlaku secara nasional. Suket ini juga banyak diberikan kepada warga yang mengganti e-KTP dengan alasan masa berlakunya telah habis, hilang hingga rusak. (c/nur)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top