Operasional Bandara Sugimanuru di Muna Barat Tunggu Izin Menhub – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Muna Barat

Operasional Bandara Sugimanuru di Muna Barat Tunggu Izin Menhub

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam waktu tak terlalu lagi, Bandar Udara (Bandara) Sugimanuru, Kusambi di Muna Barat (Mubar), akan beroperasi optimal. Asisten II Sekretariat Kabupaten (Setkab) Mubar, Takari Abdullah menjelaskan, ia bersama Bupati, LM Rajiun Tumada bersama Sekretaris Kabupaten (Sekab), LM Husen Tali dan Kadis Perhubungan, Laode Hanafi baru saja menemui Dirjen Perhubungan untuk berkoordinasi terkait perkembangan izin operasi Bandara Sugimanuru.

“Hasil pertemuan dengan pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menjelaskan, pemberian izin terbang dan perubahan rute diterbitkan melalui peraturan Menhub dan disahkan Kemenkumham. Kemudian, verifikasi Bandara Sugimanuru dinyatakan tuntas,” ungkap Takari Abdullah saat dihubungi, Kendari Pos.

Ia mengklaim, izin tersebut, paling lambat akan dikeluarkan seminggu setelah pertemuan tersebut. “Kami juga mengomunikasikan soal perubahan nomenklatur Bandara Sugimanuru Muna menjadi Bandara Sugimanuru Muna Barat. Sambil menunggu peraturan menteri, sudah dapat dilakukan perubahan atau penyesuaian sesuai letak geografis daerah administrasi pemerintahan kabupaten Mubar,” jelasnya.

Tak sampai di situ, Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada bersama para pejabatnya itu menemui Direktur Utama Lion Air, Rudy Lumingkewas dan petinggi Wings Air. “Dalam pertemuan itu, pihak Lion Air telah menyiapkan pesawatnya untuk melayani penerbangan Makassar-Kusambi, Mubar. Pesawatnya sudah stand by di Makassar. Pihak Lion Air tinggal menunggu izin terbang dari Menteri Perhubungan. Kalau sudah ada, maka rute penerbangan sudah ada dan terjadwal,” sambung Takari.

Mantan Kadis Kehutanan tersebut mengaku, rencananya, jadwal penerbangan dari Makassar pukul 17.00 Wita dan tiba di Kusambi, Mubar pada pukul 17.35 Wita. Pesawat akan bermalan di Bandara Sugimanuru dan besoknya take off ke Makassar pukul 07.00 Wita. “Bupati Mubar LM Rajiun pada kesempatan pertemuan tersebut sangat berharap agar Lion Air sudah dapat melayani angkutan mudik dan balik lebaran 1438 H,” katanya.

Ia yakin, dengan beroperasinya Bandara Sugimanuru, maka pertumbuhan ekonomi akan segera meningkat. Pejabat di Muna dan Mubar yang akan ke luar provinsi juga sudah bisa langsung ke Makassar dan tidak lagi harus ke Kendari. “Akan ada efisiensi. Seperti mahasiswa juga, sudah bisa langsung ke Mubar tanpa harus lewat jalur lain yang membutuhkan waktu serta biaya lebih,” tandas Takari. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top