Bacagub Sultra Harus Punya 9 Kursi, Syarat Perseorangan Kumpulkan 221 Ribu KTP – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Politik

Bacagub Sultra Harus Punya 9 Kursi, Syarat Perseorangan Kumpulkan 221 Ribu KTP

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah.

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua KPU Sultra, Hidayatullah menjelaskan, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur harus mengantongi dukungan 20 persen dari total kursi parlemen Sultra. Saat ini jumlah kursi di DPRD Sultra sebanyak 45. Itu artinya, minimal harus mengumpulkan 9 kursi baru bisa memenuhi syarat pencalonan.

“Minimal paslon harus mendapat dukungan parpol atau gabungan parpol sebanyak 9 kursi di parlemen Sultra,” ujar Hidayatullah. Melihat data sebaran perolehan kursi parpol, hanya PAN yang tak perlu koalisi alias bisa mengusung paslon sendiri karena punya 9 kursi. Sedangkan partai lain, seperti Golkar (7 kursi), Demokrat (6 kursi) dan lainnya harus cari koalisi.

“Partai lain harus melakukan koalisi. Semantara PAN bisa mengusung tanpa harus berkoalisi,” kata mantan aktivis LSM ini. Disisi lain, masyarakat yang memiliki keinginan untuk maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur juga dapat dilakukan secara indpenden. Akan tetapi, berdasar ketentuan penduduk dengan jumlah 2 juta jiwa sampai dengan 6 juta jiwa, calon harus mendapatkan dukungan sebesar 8,5 persen dari jumlah penduduk. “Dukungan itu harus tersebar minimal setengah kabupaten/kota atau sekira 9 kabupaten/kota,” jelasnya.

Dengan demikian masyarakat yang memiliki keinginan untuk maju harus mengumpulkan KTP sebagai bentuk dukungan untuk maju dalam Pilgub Sultra tahun 2018. “Dengan persentasi 8,5 dari jumlah penduduk Sultra yang mencapai 2,6 juta jiwa, maka calon independen harus mengumpulkan KTP sebanyak 221.000 KTP yang tersebar di 9 kabupaten/kota,” imbuhnya. (b/ely/yog/wan/kmr/p1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top