Ini Penjelasan Soal Kanker Serviks – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Kesehatan

Ini Penjelasan Soal Kanker Serviks

KENDARIPOS.CO.ID — Artis Julia Perez akhirnya meninggal dunia setelah berbulan-bulan berjuang melawan kanker serviks. Bagi kaum hawa, kanker serviks merupakan salah satu hal yang paling ditakuti. Kanker serviks yang ditularkan oleh human papillomavirus (HPV) menyerang bagian mulut rahim. Virus itu menyebabkan kutil di kelamin dan kanker serviks.

HPV bisa menular melalui hubungan seksual. Namun, kanker serviks memang bersifat asimtomatik atau tanpa gejala. Asimtomatik adalah suatu penyakit ketika si penderita tidak menyadari gejala apa pun. Asimtomatik mungkin tidak akan terdeteksi sampai si penderita melakukan tes medis.

Tapi yang perlu diketahui, setiap orang mempunyai potensi kanker di dalam tubuhnya tidak memandang usia. Ahli Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI) Yati Afiyanti menjelaskan, karena kanker serviks yang bersifat asimtomatik maka terkadang baru terasa 7-10 tahun setelah melakukan kontak seksual.

Virus HPV ketika terpapar hanya satu kali memang belum tentu reaktif. Frekuensi paparan itulah yang membuat virus itu menjadi kanker.
“Hubungan seksual menyebabkan terpaparnya virus ini. Lalu jika tak menjaga kebersihan, hygiene dan tak benar pemeliharaan kesehatan reproduksinya, semakin banyak paparan akan semakin besar untuk kena (terserang kanker serviks, red),” tegasnya. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top